Ada berbagai cara untuk mengetahui sifat dan karakteristik seseorang salah satunya melalui goresan tanganya. Cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan ini disebut dengan Ilmu Grafalog. Grafalog sendiri memang seni membaca tulisan tangan seseorang, namun tidak hanya untuk menilai kepribadian saja melainkan banyak hal yang bisa dilihat dari tulisan tangan. 

Saat seseorang sedang menulis sesungguhnya tangan yang ia gerakan hanyalah sebuah alat yang berfungsi memegang pena. Gaya, bentuk, dan ukuran tulisan datang dari alam bawah sadar seseorang. Secara tak sadar ia telah menuangkan banyak hal mengenai dirinya dalam tulisan tersebut.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa dari sebuah tulisan tangan kita dapat mengetahui sekitar 5.000 kepribadian yang berbeda dari seseorang itu. Jika dilihat dari bidang medis, sebuah tulisan tangan dapat membantu dokter untuk mendiagnosa penyakit dan pola hidup dari si pasien.

Memang cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan tak akan benar 100%, tetapi ilmu grafalog ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang bekerja dibidang yang berurusan dengan personalia. Contohnya, bagi seseorang yang sedang membuka lowongan pekerjaan, ilmu ini sangat bermanfaat untuk merekrut orang baru serta melihat kepribadian orang tersebut dari surat lamaran yang dikirim.

Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Tulisan Cek Disini!

Pasti Anda bertanya-tanya dari segi apa tulisan tangan bisa mencerminkan kepribadian seseorang? Lantas bagaimana cara mengetahui kepribadian seseoang dari tulisan? Dan aspek apa saja yang dapat dilihat? Berikut ini adalah beberapa daftar cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan yang bisa kita pelajari?

1. Ukuran Tulisan

Cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan yang pertama adalah lihat dari segi ukuran tulisannya. Ada empat kriteria ukuran yang dapat dilihat, yaitu kecil, sedang, besar, dan sangat besar. Keempat kriteria tersebut dapat langsung melihat sifat dari seseorang.

Lalu bagaimana cara mengetahui kepribadian seseorang dari segi ukuran tulisan? Dan bagaimana caranya membedakannya?

• Tulisan yang berukuran kecil

Jika seseorang menulis dengan ukuran yang kecil tanpa sadar maka itu menunjukkan sifat orang tersebut pendiam, suka menyendiri, tetapi memiliki otak yang cemerlang dan memiliki pikiran ilmiah. Orang yang memiliki tulisan dengan ukuran kecil ini memiliki nalar yang logis.

Namun, berbeda dengan seseorang yang memiliki tulisan tangan ukuran kecil, jelas dan mudah dibaca ini menunjukan orang tersebut pandai dan memiliki fokus yang kuat. Tetapi orang yang memiliki tulisan tangan seperti ini agak sedikit sombong dan senang menunjukkan kelimuan yang dimilikinya.

• Tulisan yang berukuran sedang

Untuk Anda yang memiliki tulisan tangan berukuran sedang dapat diketahui Anda memiliki kepribadian yang sangat terpaku pada hal-hal yang berbau tradisi kuno. Anda juga sangat menyenangi segala hal yang bersifat formil dan modern. Orang yang memiliki tipe tulisan tangan berukuran sedang sangat mengedepankan penggunaan logika ketimbang hati untuk menentukan suatu keputusan.

• Tulisan yang berukuran besar

Nah, bagi orang yang memiliki tulisan tangan dengan huruf dan ukuran besar, biasanya orang tersebut memiliki kepribadian senang diperhatikan. Selain itu orang dengan ukuran tulisan ini gemar mencari perhatian, ingin selalu tampil di depan banyak orang.

Sama dengan ukuran tulisannya yang besar, maka sifat orang tersebut memiliki ambisi yang cukup besar, dan selalu ingin dihargai oleh orang lain, tetapi sangat murah hati. Orang dengan ukuran tulisan ini juga gemar malakukan petualangan dengan mengelilingi banyak tempat.

• Tulisan yang berukuran sangat besar

Orang dengan ukuran tulisan yang sangat besar tak jauh berbeda sifatnya dengan orang dengan ukuran tulisan besar. Orang dengan jenis ukuran ini cenderung selalu ingin di hargai, selalu ingin menjadi pusat perhatian, dan sangat senang dipuji.

2. Gaya Tulisan

Gaya tulisan tangan seseorang juga menjadi salah satu bagian cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan. Tiap orang memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda, dari tulisan gaya tegak bersambung hingga tulisan dengan gaya cetak biasa. Misalnya:

• Gaya tulisan sambung: Orang dengang gaya tulisan ini cenderung memiliki kepribadian yang senang memberikan nasihat kepada oranglain, mudah menerima masukkan dari orang lain, mudah bergaul dan memiliki banyak taman. Selain itu, orang dengan gaya tulisan tangan ini juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Gaya-Tulisan-Berpetak

• Gaya tulisan sambung dan berbentuk petak : Orang dengan gaya tulisan tangan ini memiliki kepribadian yang mudah dipengaruhi orang lain dan selalu menganggap enteng persoalan. Selain itu, orang yang memiliki gaya tulisan seperti ini selalu tergesa-gesa dalam tindakannya tanpa pemikiran yang matang.

Gaya-Tulisan-Sambung-Berliku

• Gaya tulisan sambung dan berliku-liku : Orang yang memiliki tulisan tangan dengan gaya seperti ini biasanya memiliki kepribadian yang formil, kaku, dan selalu berhati-hati dalam setiap tindakannya. Bukan hanya itu, orang dengan gaya tulisan tangan ini juga sering menonjolkan status mereka dan umumnya sifat mereka pendiam.

Gaya-Tulisan-Campuran

• Gaya tulisan campuran: Gaya tulisan ini maksudnya gayanya tetap bersambung, namun tak karuan. Biasanya orang yang menulis dengan gaya ini, menulisnya dengan cepat. Orang dengan tulisan ini biasa berpikir dengan cepat, memiliki kreatifitas yang tinggi, tapi mudah tersinggung terhadap kritikan yang diberikan orang lain.

3. Kemiringan tulisan tangan

Cara melihat kepribadian seseorang dari tulisan juga bisa dilihat dari segi kemiringan tulisan. Biasanya seseorang dengan tanpa sadar menulis hingga miring, entah itu miring ke kanan, ke kiri atau bahkan tegak lurus. Dengan demikian kemiringan tulisan yang dibuat tanpa sadar itu dapat menjadi salah satu aspek untuk melihat kepribadian seseorang.

Lantas apa perbedaannya orang dengan tulisan miring ke kanan, ke kiri dan tegak lurus? Berikut ini adalah penjelasannya:

• Tulisan tangan miring ke kanan

Seseorang dengan tulisan tangan dengan kemiringan kea rah kanan menandakan orang tersebut ramah, aktif, dan bersifat terbuka pada siapa pun. Tak hanya itu, orang dengan tipe tulisan ini juga senang menghadapi segala tantangan baru. Dalam melakukan tindakan ia selalu melakukan dengan sesuai kata hatinya,

• Tulisan tangan miring ke kiri

Nah, untuk orang yang memiliki tulisan tangan miring ke arah kiri cenderung memiliki sifat yang tertutup. Segala hal yang ada harus sesuai dengan penilainnya sendiri. Bukan hanya itu, orang dengan tulisan tangan seperti memiliki sifat individualis yang cukup tinggi.

• Tulisan tangan tegak lurus

Orang dengan penulisan tegak lurus adalah tipe orang yang tuka suka diatur-atur. Ia juga tak suka kalau kebebasannya dikekang orang lain, tetapi orang dengan tulisan ini memiliki kontrol yang sangat bagus dalam memilih hal yang dianggapnya baik dan tidak baik.

4. Tekanan dalam tulisan tangan

Cara melihat kepribadian seseorang melalui tekanan dalam tulisan ini, maksudnya biasanya ketika menulis kita akan menekan pensil atau pulpen dan menghasilkan bekas tekanan. Nah, bekas tekanan itu lah dapat dijadikan aspek melihat kepribadian seseorang.

Jika kita perhatikan bekas tulisan tangan seseorang biasanya akan ditemukan goresan tekanan tulisan di balik kertas. Tekanan tulisan yang halus memiliki arti orang tersebut pembawaannya tenang.

Sedangkan, jika bekas atau tekanan tulisannya tercetak dengan jelas menandakan bahwa orang tersebut memiliki sifat yang kaku. Bukan hanya itu, orang dengan tipe tulisan seperti ini biasanya sulit menyesuaikan diri dengan pergaulan yang baru.

5. Bentuk huruf awal saat menulis

Kepribadian seseorang juga bisa terlihat dari bentuk huruf yang ia tulis. Sebagian besar orang senang memainkan bentuk tulisannya, terutama bentuk huruf awal penulisan. Terdapat beberapa ciri dan kecendrungan kepribadian seseorang yang terlihat dari bentuk huruf awal penulisan:

• Bentuk huruf awal menyerupai bentuk jangkar

Mengapa disebut menyerupai bentuk jangkar? Ya, karena sebagian besar orang menulis huruf awal sangat menyerupai bentuk jangkar. Bentuk huruf tersebut menandai bahwa orang tersebut memiliki sikap yang kurang dewasa. Bukan hanya itu, orang dengan tipe tulisan ini juga cenderung kurang percaya diri dan bersikap pasif.

• Huruf awal berbentuk busur

Untuk cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan yang satu ini memang sangat menyerupai busur seperti ditarik. Orang yang memiliki tulisan seperti ini biasanya cepat merasa puas dengan apa yang telah dicapai. Bukan hanya itu, orang tersebut juga memiliki pandangan yang cukup kuat kan nilai-nilai keagamaan.

• Bentuk huruf awal memanjang

Seseorang yang cara menulis diawalnya memanjang biasanya orang yang terlalu hati-hati dalam merencanakan masa depannya. Panjangnya huruf diawal sangat menunjukkan kelambanan ketika ia bekerja dan pemborosan terhadap waktu.

Itulah ke 5 cara mengetahui kepribadian seseorang dari tulisan. Beragam cara untuk mengetahui sifat dan kepribadian seseorang salah satunya melalui tulisan tangan. Kalau Anda termasuk kedalam tipe yang mana?

Baca Juga nih : Wonderful! Tempat Wisata Raja Ampat, Surga yang Tersembunyi