Jalinan cinta jarak jauh di masa kini lebih enjoy dinikmati. Fasilitas media sosial dan aplikasi mutakhir dunia teknologi komunikasi memungkinkan komunikasi jarak jauh berjalan lancar.

Tapi, tentu saja banyak gregetnya. Apalagi pas sinyal internet atau telepon lagi drop. Dijamin bikin susah makan, susah tidur. Pasangan yang belum menikah atau yang sudah menikah LDR-an, tidak luput dari greget cinta khas ini. Biar LDR tetap enjoy, malah bikin tambah mesra. Ini dia tips-tips nya;

1. Kepercayaan

    LDR makin menguatkan pekercayaan kepada satu sama lain. Apalagi menguatkan kepercayaan pada Illahi. Karena tidak bisa melihat langsung, harus percaya dengan pasangan dong. Jujurkah? Serahkan pada Illahi. Niscaya lebih berkah.  

2. Manfaatkan Teknologi

     Terimakasih kepada para pencipta aplikasi teknologi komunikasi yang canggih. Mudah, murah, cepat diunduh di telepon pintar, komputer jinjing, komputer. Pokoknya, guampang. Unduh aplikasi Skype, Line, Viber, dll yang bisa nelpon gratis, bisa nelpon video call juga. Manfaatkan sebaik-baiknya. Perjuangan untuk berjumpa via suara ini makin menumpuk rindu. 

3. Komunikasi Hangat dan Terbuka

     Saat ngobrol, hindari percakapan yang memancing amarah dan emosi jiwa. Cerita remeh temeh, seputar kejadian sehari-hari, atau cerita tentang mimpi semalam. Bahas hal-hal yang asik-asik saja. Kalau, ada masalah serius bisa menyebabkan pertengkaran, segera akhiri percakapan. “Tolong telpon satu jam lagi. Aku ingin menenangkan hati,” atau “Aku gak bisa mikir sekarang. Nanti kalo aku sudah bisa mikir lagi, kutelpon lagi.” Hindari mengumbar amarah via jaringan ponet (telepon/internet).  

4. Kemandirian

     Saat pasangan jauh, semua harus dipikir dan dikerjakan sendiri. Bermanfaat untuk olah otak dan olah raga (baca: tubuh). Tiba-tiba bisa jadi pemecah masalah! Bisa ganti lampu sendiri, bisa bersihkan busi mobil sendiri, bisa ke bengkel sendiri, bisa benerin gagang pintu sendiri. Pokonya semua bisa sendiri. Otaknya tambah cerdas! 

 5. Pertemuan Berkesan

     Karena jarang bertemu, pasti kangennya sudah pake banget. Rindu memuncak. Biarkan pertemuan berjalan secara alami. Tidak usah repot bikin rencana ajaib nan romantis. Pake candle light dinner, tabur bunga biar sedap romantis. Biasanya rencana yang disusun sempurna itu malah mengecewakan. Karena kita mengharapkan sesuatu dari pasangan, sedangkan pasangan tidak memenuhi harapan itu. Nah, jadinya kacau deh. Bikin pertemuannya alami tapi berkesan. Kesannya, bisa dari obrolan ringan mengasikkan, suasana yang menyamankan pasangan. 

Meski LDR, bisa makin mesra dong karena kita memandang langit yang sama.