Suka menulis namun hanya disimpan di folder saja?   Stop bersikap seperti itu!  Saat ini bukan jamannya menulis namun hanya untuk dikonsumsi pribadi.  Mengapa? Karena bisa jadi draft coretan tersebut bermanfaat bagi orang lain atau malah merupakan ladang rupiah kita.   Kesalahan kecil penulis pemula adalah rasa tidak percaya diri akan tulisannya serta tidak mengetahui kemana harus mendistribusikan karyanya. Bergabung dengan agensi naskah merupakan solusi untuk menjawab keragu-raguan penulis pemula.  Apa itu agensi naskah?  Mengapa penulis pemula harus bergabung dengan agensi naskah?

Apa itu agensi naskah?
Agensi naskah merupakan sebuah lembaga kreatif yang mempunyai beberapa fungsi yaitu :
1. Sebagai jembatan antara penulis dan penerbit.
Hal itu berkaitan dengan banyaknya jumlah penerbit yang membutuhkan naskah untuk memenuhi target perusahaan. Minimnya stok naskah yang berkualitas baik bagi penerbit merupakan warning yang harus segera dicarikan solusinya. Agensi naskah hadir untuk menangkap peluang dari permasalahan itu sekaligus memberikan solusi terbaik. Disinilah peran positif agensi naskah bagi penulis dan penerbit.  Memberikan solusi atas kebutuhan penerbit maupun penulis.

2. Sebagai jembatan antara penulis dan pemilik web SEO
Saat ini perkembangan dunia informasi sangatlah pesat. Pelaku usaha merambah dunia ini untuk mendukung laju usahanya.  Banyak sekali website, olshop maupun blog di internet.  Sayangnya, pemilik web, olshop maupun blog tersebut hanya mampu membeli web namun tidak dapat mengelola kontentnya dengan baik.  Hal itu tentunya berdampak terhadap berkurangnya pengunjung web.  Artikel merupakan amunisi untuk meningkatkan jumlah pengunjung serta optimalisasi SEO sebuah web.  Celah peluang ini terkadang tidak diketahui oleh penulis.   Agensi naskah pun berusaha menjembatani kebutuhan antara penulis dan pemilik web SEO.

3. Sebagai penyedia order
Ini merupakan fungsi utama sebuah agensi naskah.  Order yang ditawarkan bukan hanya sebatas pada penulisan naskah buku atau content web, namun juga sebagai editor, tenaga grafis untuk lay-out dan desain sebuah buku serta marketing buku.

4. Sebagai mentor gratis
Terkadang agensi naskah bertindak sebagai mentor gratis. Kondisi ini terjadi apabila naskah yang dikerjakan oleh penulis tidak memenuhi standar yang ditentukan sehingga harus melalui proses revisi.

Dimana menemukan agensi naskah?
Agensi naskah dapat ditemukan di media social seperti FB, twitter ataupun proses searching di Google.

Bagaimana prosedur bergabung dengan agensi naskah?
Prosedur bergabung dengan agensi naskah yaitu :
• Add dan join FB/grup FB agensi
Kunci awal sukses penulis pemula di dunia penulisan adalah dengan bergabung di FB atau grup FB agensi naskah

• Memperhatikan prosedur yang berlaku di agensi
Setiap agensi mempunyai aturan dan prosedur yang berbeda, sehingga perlu untuk diperhatikan dengan seksama demi kelancaran order dan kerjasama.

• Memperhatikan dengan seksama proyek apa saja yang ada di agensi naskah
Proyek di agensi naskah tidak terbatas pada dunia penulisan. Penulis harus memperhatikan dengan seksama proyek yang dishare di grup agensi naskah beserta tenggat waktunya yang tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan penulis.

• Mengajukan diri sesuai prosedur di grup agensi
Order tidak datang dengan sendirinya, maka penulis pemula harus berani “menjual” diri dengan mengajukan lamaran agar pihak agensi naskah mengetahui kemampuan menulisnya.

• Mendapatkan order pertama
Saat order pertama diperoleh oleh penulis, itu berarti ia telah memegang kunci suksesnya di dunia penulisan. Hendaklah menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya, agar kerjasama dengan pihak agensi tidak terhenti pada order pertama saja!

Mengapa harus bergabung dengan agensi naskah?
Alasan penulis pemula harus bergabung dengan agensi naskah yaitu :
• Adanya transparasi kerjasama dan fee
• Order yang ditawarkan bersifat kontinue
• Agensi naskah merupakan kawah candradimuka penulis pemula, karena ada editor yang akan dengan senang hati menjadi kritikus naskahnya
• Bervariasinya order penulisan, mulai dari proyek artikel, buku hingga content untuk web e-learning
• Agensi naskah bisa digunakan sebagai media untuk memperluas jaringan penulis pemula

Bagaimana menjaga kepercayaan dengan agensi naskah?
Kepercayaan itu adalah sesuatu yang memperolehnya sangat sulit, namun menjaganya akan lebih sulit lagi! Demi kelancaran proyek dan order, hendaknya penulis melakukan hal-hal berikut ini :
• Membaca SPK dengan teliti
• Menanyakan pada agensi hal-hal yang kurang dipahami di SPK
• Mengerjakan order sesuai prosedur dan deadline
• Aktif melakukan komunikasi dengan pihak agensi
• Mengerjakan dengan segera jika diperlukan adanya revisi
• Melakukan silaturrahim secara bisnis dan personal dengan pihak agensi

Setelah membaca informasi ini, masih ragu untuk bergabung dengan agensi naskah? Keputusan di tangan anda!