Bertahan Dengan Menyatu Dengan Alam

Banyak diantara Anda yang sudah barang tentu mengenal sosok aktor terkenal Hollywood, Tom Hanks. Aktor yang sudah malang melintang di dunia seni peran perfilman dunia ini sudah diakui kepintarannya dalam berakting.

Banyak sudah film-film yang ia bintangi menjadi box office di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Termasuk ketika ia memerani tokoh Chuck Noland dalam film Cast Away, seorang pegawai di perusahaan FedEx, yang mengalami nasib naas, yakni terdampar di sebuah pulau akibat pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan.

Tom Hanks yang berperan sebagai Chuck di film ini, setelah mengalami kecelakaan dan terdampar di pulau, mau tidak mau harus menjalani hidup sendirian di sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Awalnya, Chuks sangat kesulitan untuk mampu menjalani hari-harinya, kekurangan makanan, serta belum terbiasa dengan kehidupan rimba yang menantang.

Namun, akhirnya Chuck berhasil membiasakan diri dengan kehidupan yang ia jalani di pulau tersebut. Ia lambat laun mampu menyatu dengan alam, sehingga mampu bertahan walau jauh dari peradaban manusia lainnya.

Bagaimana Menyatu dengan Alam?

Dari film tersebut kita dapat mengambil hikmah bahwa seseorang akan dituntut untuk mampu bertahan hidup dalam kondisi apapun. Salah satu modal penting dalam menjalani kehidupan adalah dengan menyatukan diri dengan alam dan lingkungan. Siapapun, tidak akan mampu bertahan bila ia mengasingkan diri dari alam.

Seseorang harus mampu melihat gejala-gejala alam yang timbul. Badai, hujan, semuanya harus mampu dilihat sebagai sebuah peringatan bagi manusia dalam bertindak dikehidupannya.

Masyarakat Hindu sering melakukan meditasi dalam upaya menyatukan pikiran dan tubuhnya dengan alam. Dengan melakukan ini, mereka mendapat kedamaian dan rasa tenang. Mereka dapat merasakan irama-irama alam, mereka seperti mampu membangun interaksi dengan alam, seperti menyatu dengan desiran udara, suara dedaunan, dan kicauan burung yang terdengar merdu.

Chuck Nolan, tokoh dalam film Cast Away tersebut mampu menyatukan dirinya dengan alam, sehingga membuatnya mampu bertahan hidup. Alam memberikan segala yang kita inginkan, dimanapun kita berada, asal kita mampu berdamai dengannya.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/mohasriady.mulyono

Leave a Comment