artikel

Stress dapat mengenai siapa saja dan di mana saja. Demikian pula ketika bekerja, seringkali kita dihinggapi stress. Stress dapat terjadi antara lain akibat tekanan pekerjaan, ketidakseimbangan antara pekerjaan yang harus dilakukan dengan kapasitas kinerja, atasan yang kurang akomodatif, rekan kerja yang tidak menyenangkan dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi stress kerja dapat dilakukan kiat berikut :

1. Menentukan tujuan kerja

Bekerja pasti memiliki tujuan. tetapkan terlebih dahulu tujuan kita bekerja, selanjutnya selalu ingat akan tujuan tersebut, sehingga ketika terjadi perasaan yang tidak nyaman ketika bekerja, kembalikan ke tujuan kenapa kita bekerja. 

2. Bersemangat di pagi hari

Semangat di pagi hari dapat ditingkatkan antara lain dengan melakukan aktifitas pagi yang menyenangkan, misalnya minum teh di pagi hari, berolah raga pagi, menikmati indahnya suasana pagi, berkumpul keluarga sebelum melakukan aktivitas dan lain sebagainya. Bersemangat di pagi hari akan membantu meningkatkan semangat kerja di jam-jam berikutnya

3. Bangun lebih dini

Bangun lebih dini akan membantu kita supaya tidak tergesa-gesa. Keadaan santai dapat mengurangi kepanikan dan setress.

4. Jangan lupa sarapan

Asupan gizi membantu mengurangi stress dan meningkatkan stamina. Sarapan dengan porsi seimbang dan tidak lupa untuk minum air sebelum beraktivitas di pagi hari sangat penting untuk mengatasi stress kerja

5. membuat jadwal aktivitas

Penjadwalan kegiatan atau aktivitas sangat membantu mengurangi kerja otak di dalam mengingat agenda. 

6. Beristirahat di Sela Kerja

Bekerja tanpa istirahat tak hanya membuat penat tubuh melainkan juga menimbulkan stress psikis. Oleh karena itu luangkan waktu sejenak di sela aktivitas kerja untuk istirahat. Istirahat dapat dilakukan ketika bekerja, antara lain dengan mendengarkan musik ringan, menonton video sejenak atau benar-benar istirahat keluar ruangan dan bersendau gurau dengan rekan kerja. 

Demikian kiat mengatasi stress kerja. Semoga bermanfaat dan Selamat bekerja.