Film pendek merupakan film yang kurang lebih berdurasi 10 menitan. Banyak lomba untuk membuat film pendek yang hadiahnya cukup menggiurkan.

Seorang sutradara terkenal Joko Anwar kurang lebih sudah menggrap 7 film pendek. Film-film pendek Joko Anwar bisa Anda nikmati di Youtube. Film-film pendek tersebut bisa Anda jadikan referensia Anda ketika akan membuat film pendek.

Untuk membuat film pendek, Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas perfilman yang ada di kota-kota Anda.  Dari komunitas itulah Anda akan banyak bertemu dengan orang-orang yang cukup berpengalaman dan tahu akan cara membuat film.

Jika Anda belum sempat bergabung dengan komunitas perfilman, karena kesibukan Anda. Dan Anda sangat awam tentang pembuatan film. Berikut ini ada sedikit gambaran cara membuat film pendek.

Membuat film tentunya tidak bisa dikerjakan sendiri, ajaklah teman-teman Anda untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan film Anda. Tentunya teman Anda yang sedikit mengerti akan perfilman, supaya mudah saat eksekusi pembuatan film.

Pertama, tentukanlah siapa yang akan menjadi Produser, Penulis Script, kemudian Sutradara, dan jangan sampai ketinggalan Director of Photography (DOP). DOP ini harus yang benar-benar bisa dalam menggunakan kamera, atau tahu akan komposisi gambar.

Setelah Script  Anda siap, dan tidak ada lagi yang perlu di revisi, kini, tugasnya produser membuat schedule. Schedule sebelum syuting. Seperti pembuatan jadwal meeting, jadwal casting pemain, merincikan biaya produksi, jadwal test cam, membuat surat ijin syuting, jadwal reading (pembacaan naskah oleh pemain) dan lain-lainnya.

Setelah jadwal siap, kini tugasnya DOP dan lainnya survey lokasi untuk syuting. Kerjasama antara DOP dan Sutradara sangatlah penting. Teruslah berkomunikasi tentang bagaimana baiknya dalam pengambilan gambar.

Saat syuting perlu adanya tambahan crew, seperti siapa yang akan memegang sound, memegang clipper film, behind the scene, pencatat time code, dan lighting.

Sebelum syuting, produser juga harus membuat jadwal syuting, seperti scene mana yang harus di dahulukan, lalu kapan waktu untuk break (Waktu istirahat makan) dan waktu selesai syuting.

Setelah itu produser harus memastikan kelengkapan peralatan syuting, pastikan perijinan syuting sudah beres, dan pastikan para pemain film datang tepat waktu ke lokasi.

Dan kini saatnya kalian Roll, Camera, Action. Setelah selesai syuting, kini waktunya untuk pra produksi, seperti mengedit filmnya. Mengedit film Anda bisa menggunakan Aplikasi Premiere Pro. Dan terakhir promosikanlah  film kalian.