Sign In

Remember Me

Review The Secret of Regret

Review The Secret of Regret

Kamis, 17 Oktober lalu saya di undang oleh teman untuk menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh sebuah komunitas di Bandung. Komunitas itu berisi oleh para muslimah, mereka menamakan dirinya komunitas Great Muslimah.

Tema yang diambil dalam acara tersebut ada “The Scret Of Regret” Rahasia Dari Penyesalan. Dalm hidup Anda, saya, ataupun orang-orang yang hidup di dunia ini pernah mengalami sebuah penyesalan. Entah itu penyesalan memilih pekerjaan, sekolah, pasangan hidup, bahakan menyesal yang lebih aneh yaitu menyesal memiliki orang tua , Naudzubillah.

Penyesalan yang betul-betul harus kita sesalkan ini ini ternyata bukan apa yang disebutkan diatas, ada sebuah penyesalan yang lebih dahsyat yang harus kita benahi dari sekarang , dan penyesalan itu ada 3 hal:

1. Penyesalan saat nyawa sudah berada di kerongkongan

Ingatkah dengan kisah Nabi Musa dan Fir’aun? ketika Fira’aun Allah tenggelamnkan di lautan, saat itu Firaaun mengakui bahwa Allah ada Rabb, pengatur segala kuasa yang ada di dunia. seperti yang terkandung dalam AlQuran  Surat Yunus ayat 90 :

Dan Kami Selamtkan Bani Israil melintasi laut, kemudian Fir’aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzalimi dan (Menindas) mereka . sehingga ketika Fir’aun hampir tenggelam dia berkata “Aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang muslim (berserah diri) (Q.S.Yunus :90)

Saat Nyawa sudah ada di kerongkongan saat itulah kesempatan kita untuk bertaubat telah ditutup oleh Allah SWT.

2. Penyesalan saat di Alam Kubur

Seperti dalam surat Al-Mu’minun ayat 99-100 :

Hingga kelak bila maut telah datang kepada masing-masing mereka, dia akan berkata: Tuhanku; kembalikan sajalah aku ke dunia.Supaya aku kerjakan amal yang shalih, yang dahulu telah ku­tinggalkan. Tidak sekali-kali! Itu cuma kata-kata yang diucapkan­nya saja. Sedang di belakang mereka telah ada barzakh (din­ding pembatas), sampai kelak kepada hari mereka akan di­bangkitkan.

Saat Manusia di alam kubur dan “Merenggek” untuk dikembalikan ke dunia agar bisa beramal sholeh kesempatan itu sudah tidak ada, jangan sampai kita menyesal.

3. Ketika sudah berada di Neraka

 Pastinya kita tidak mau berada di alam ini. berharap surga yang kita dapatkan, namun sesuai dengan Firman-nya dalm surat AlFatir : 37

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan”. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang penolongpun.

kelak ada penghuni neraka yang akan berkata seperti diatas meminta Allah untuk mengeluarkan dari neraka dan memohon diberikan kesempatan untuk beramal sholeh, namun lagi Allah tidak mengabulkan itu semua.

Itulah 3 rahasia penyesalan yang benar-benar harus kita waspadai, haru selalu kita ingat. bahwwasanya sesudah kehidpan di dunia akan ada lagi kehidupan setelahnya di akhirat kelak. Surga atau Neraka tergantung dari amalan kita.

Sekedar ingin berbagi tulisan diatas adalah “oleh-oleh” dari kajian muslimah yang diselenggarakan oleh Great Muslimah , pematerinya adalah Febrianti Almeera Founder dari Great Muslimah.

Kajian yang dibahasa murni semuanya dari Al-Qur’an hanya tidak dibahas pada umumnya suatu kajian. dikaitkan dengan kehidupan sekarang, bagus untuk para anak-anak muda khususnya Muslimah.

Info lengkap tentang Great Muslimah bisa dilihat di Fan Facebook Great Muslimah atau Twitter @Great_Muslimah

saya berbagi karena saya merasakan manfaat yang luar biasa dari acara ini 🙂

 

 
 
 
 

Biarkan Jariku-jariku “menari” dalam sebuah irama kata yang tertuang dalam sebuah kertas putih suci untuk menuangakn semua keluh kesah , ide , gagasan .
Pekerja sosial, freelance writer

Leave a Reply