Sign In

Remember Me

ini Dia Rahasia Kepribadian Introvert Gampang Sukses!

ini Dia Rahasia Kepribadian Introvert Gampang Sukses!

Pernah dibilang pendiam, canggung, dan pemalu? Mungkin karena kamu lebih banyak menghabiskan waktu sendiri, entah membaca atau sekadar melamun.

Atau mungkin kamu termasuk tipe orang yang senang melakukan segala hal sendiri, agar terkesan mandiri. Namun terkadang hal itulah yang buat kamu disebut intivert.

Padahal dalam kenyataannya, diamnya seseorang itu bukan karena pemalu atau canggung bersosialisasi, tapi karena memang suka menyelesaikan segalanya sendiri. Diam adalah momen dia untuk merenung, berpikir atau mencari berbagai ide segar.

introvert vs ekstrovert

introvert vs ekstrovert | foto : lifeonabranch.wordpress.com

Banyak yang beranggapan bahwa orang introvert tidak mudah menggapai kesuksesan, berbeda halnya dengan orang ekstrovert. Orang ekstrovert mudah sukses karena pintar bersosialisasi dengan banyak orang.

Namun ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar, toh banyak juga orang yang introvert bisa berhasil karena kemampuannya sendiri. Berhasil karena usaha dan jerih payah diri sendiri.

Ada beberapa tokoh besar di dunia yang memiliki kepribadian introvert, tapi bisa sukses. Di antaranya adalah Larry Page, Mahatma Gandhi, Charless Darwin, Warren Buffett, bahkan Albert Einstein sekalipun.

Sukses

Sukses | Foto : expatspost.com

Lalu, apa ciri-ciri seseorang dikatakan sebagai introvert? Adapun ciri dari seorang intovert adalah sebagai berikut.

1. Lebih suka menghabiskan waktu sendiri
2. Lebih mudah mendapatkan idea tau inspirasi saat sendirian
3. Butuh waktu menyendiri untuk memompa semangat
4. Lebih senang melakukan segala sesuatu sendirian.

Tapi apapun kegiatannya, mau sendiri atau berkelompok itu tak jadi masalah. Yang terpenting adalah gunakan waktuu untuk hal-hal yang bermanfaat, karena waktu itu terbatas dan terus berjalan.

Kadang ada situasi, seseorang yang introvert mengalami intimidasi dari lingkungan, karena sikapnya yang pemalu atay selalu menyendiri. Padahal kesendiriannya itu bukan karena tak mau bersosialisasi, melainkan memang lebih nyaman sendiri.

Kalau ada orang-orang yang memandang sebelah mata karena sikap kitayang introvert jangan terlalu dipikirkan. Tak perlu memaksakan untuk mengubah diri menjadi ekstrovert.

Karena bagaimanapun, seseorang akan lebih mulia ketika menjadi dirinya sendiri, bukan berpura-pura menjadi orang lain. Ada kok hal-hal yang bisa dibanggakan dari seorang introvert. Apa aja sih?

1. Kreatif

Seperti yang kita tahu, kalau seorang introvert tuh punya daya imajinasi yang tinggi. Banyak ide segar yang bisa ia ciptakan saat sedang menyendiri. Imajinasi dan ide segar itu buat kamu jadi orang yang kreatif. Suka menemukan hal-hal yang baru.

2. Senang Bekerja

Gila bekerja dan senang bekerja itu dua hal yang berbeda. Gila bekerja adalah orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja. Sementara itu, senang bekerja adalah orang yang selalu bahagia dengan pekerjaannya.

Dan seorang introvert biasanya cenderung tipe orang yang senang bekerja. Selama jam kerja, ia akan fokus terhadap pekerjaannya. Dan biasanya seorang introvert akan semaksimal mungkin mengeluarkan potensi yang ia miliki.

Nah, sekarang sudah tahu kan ada beragam keunggulan yang dimiliki seorang introvert. Jadi jangan pernah merasa risih ketika disebut sebagai introvert.

Dalam kenyataannya, populasi ekstrovert lebih rendah dibandingkan dengan introvert. Populasi ekstrovert sekitar 43 persen, sedangkan introvert 57 persen. Jadi buat apa kita malu dibilang introvert?

Pada dasarnya, baik ekstrovert maupun introvert punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang terpenting adalah tetap menjadi diri sendiri dan memaksimalkan segala potensi yang kita miliki.

By

Leave a Reply