Sign In

Remember Me

Komunitas Penulis Cerpen – Publikasikan dan Raup Keuntungan Besar!

Komunitas Penulis Cerpen – Publikasikan dan Raup Keuntungan Besar!

Menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan itu menyenangkan. Disamping mendapatkan uang, dalam menjalaninya pun tidak ada beban, contohnya menulis cerpen. Bagi pemula, Anda bisa bergabung ke dalam komunitas penulis cerpen.

Komunitas Penulis Cerpen, Tempatnya Para Cerpenis

Sebelum memutuskan untuk menulis cerpen, kita harus tahu dulu apa itu cerpen. Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Dengan kata lain, cerpen merupakan karangan singkat.

Pada dasarnya, cerpen hanya memusatkan perhatian pada satu kejadian, sehingga jumlah tokoh yang diceritakan pun sedikit. Disamping itu, jalan ceritanya juga ringan dan singkat.

Dibandingkan jenis tulisan lainnya, cerpen termasuk sangat mudah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, untuk menulis cerpen tidak perlu riset, melainkan hanya mengandalkan keahlian mengarang.

Dan biasanya orang-orang yang suka mengarang dan berimajinasi berkumpul dalam komunitas penulis cerpen. Disana mereka bisa saling menggali daya imajinasi dan mengolahnya menjadi sebuah karya yang dikenal dengan sebutan cerpen.

Cerita pendek biasanya terdiri dari 1000-1500 kata atau sekitar 5-6 halaman.  Karena dalam membuat cerpen jumlah katanya terbatas, usahakan membuat cerita yang ringan, namun isinya berkualitas.

Cerpen yang baik merupakan cerpen yang disisipi dengan pesan atau amanat. Jadi, pembaca bisa mengambil nilai positif yang terkandung dari tulisan tersebut.

Nah, menulis cerpen bukan hanya menyenangkan, melainkan juga menguntungkan. Cerpen yang dipublikasikan bisa melahirkan pundi-pundi rupiah. Lantas, bagaimana cara mempublikasikan cerpen?

Cara mempublikasikan cerpen sangatlah banyak. Langkah awalnya bisa dengan mempublikasikan cerpen di blog. Atau bisa juga dengan mengirimkan naskah cerpen ke majalah atau tabloid.

Namun usahakan untuk membuat cerpen yang original. Hal ini dikarenakan, cerpen yang dimuat di media cetak atau online mempunyai hak cipta. Jika terbukti mengatasnamakan cerpen orang lain, bisa-bisa Anda dikenakan sanksi.

Atau kalau hasil tulisan cerpen Anda sudah lumayan banyak, bisa ‘dibungkus’ menjadi sebuah buku. Buku yang terdiri atas kumpulan cerita pendek. Dan jangan lupa untuk mempublikasikannya.

Tak sedikit, penulis cerpen yang sukses dan menghasilkan banyak buku. Contohnya Asma Nadia. Cerita pendek yang ia hasilkan dari goresan pena berhasil membawa namanya melambung tinggi dikalangan cerpenis. Bahkan ada karyanya yang diangkat ke layar lebar.

Nah, buat para penulis cerpen pemula, tak ada salahnya untuk bergabung ke dalam komunitas penulis cerpen. Atau bergabung dengan komunitas penulispro.net. Banyak cerpen yang bisa dijadikan referensi di penulispro.net.

By

Leave a Reply