Ternyata, Ini lho Risiko yang Harus Kamu Tanggung Jika Makan Sambal Buatan!

Apakah kamu masih suka mengonsumsi saus atau sambal buatan pabrik? Tahukah kamu kalau sambal atau saus buatan pabrik ini mengandung banyak zat kimia yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh, bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit mematikan jika kebiasaan tersebut terus dibiarkan.

Meskipun terasa enak, namun makanan yang dicampur dengan saus atau sambal pabrik rumahan yang tidak memiliki izin kesehatan bisa berakibat fatal bagi kesehatanmu. Misalnya saja, beberapa risiko berikut ini.

Ketagihan Bahan Kimia

Saus atau sambal pabrik rumahan biasanya memiliki kandungan zat kimia tertentu yang nantinya membuatmu ketagihan sehingga mau tidak mau, kamu harus membeli kembali sambal tersebut. kita lihat saja, bagaimana orang-orang yang membeli bakso, mie ayam, gorengan, dan makanan lainnya tidak bisa “hidup” jika tidak ada saus atau sambal. Hal ini biasanya disebabkan oleh kandungan-kandungan zat kimia tertentu yang membuat tubuh menginginkan kembali zat tersebut.

Memicu Penyebab Penyakit Kanker

Salah satu hal yang bisa menyebabkan penyakit kanker adalah makanan. Secara umum, makanan yang tidak sehat dan penuh dengan bahan kimia bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena mampu memicu munculnya sela kanker di dalam tubuh.

Jika zat kimia yang sebenarnya masih termasuk bahan makanan tersebut saja berbahaya, apalagi bahan kimia yang tidak diperuntukkan bagi makanan. Saus atau sambal pabrik rumahan seperti itu bisa dengan mudah memicu penyebab penyakit kanker di dalam tubuh karena bahan-bahan kimia yang tidak seharusnya dikonsumsi malah tercampur di dalam makanan yang kita konsumsi.

Gangguan Pernapasan dan Pencernaan

Makanan dengan bahan yang berbahaya tidak hanya buruk dalam segi rasa, namun juga tidak baik bagi sistem pernapasan dan pencernaan. Bahan kimia seperti ini akan sulit untuk dicerna sehingga sistem metabolisme pun terganggu dan membuat pernapasan serta pencernaan pun berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Penyakit Gangguan Syaraf Otak

Selain menjadi penyebab munculnya sel penyakit kanker, kebanyakan atau keseringan mengonsumsi saus atau sambal buatan pabrik rumahan tanpa izin kesehatan seperti ini juga bisa menimbulkan penyakit lain yang tidak kalah mematikan, yaitu penyakit gangguan pada syaraf otak. Penyakit ini bisa membuat orang sulit untuk berpikir, melakukan berbagai macam kegiatan, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, bahkan bisa saja sampai pada tahap kelumpuhan.  Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi makanan pabrikan yang tidak memiliki izin dari departemen kesehatan!

Sambal Asli akan Terasa Lebih Enak, lho!

Kamu pasti sering mengonsumsi makanan buatan rumah, kan? Sambal yang dibuat dari bahan-bahan asli dengan bahan-bahan pilihan dan dibuat tanpa baha pengawet tentu akan lebih terasa enak, kan? Selain itu, kamu juga akan mengetahui sehigienis apa masakan yang kamu buat. Jadi, tunggu apa lagi? Daripada mengonsumsi makanan yang tidak sehat, lebih baik makan saus dan sambal buatan sendiri di rumah, kan!

Terkena Bahan Berbahaya

Kamu pasti sering mendengar kan kalau ada banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk memperoleh uang dalam waktu singkat. Misalnya saja, beberapa pabrik rumahan yang memasukkan zat pewarna tambahan berupa wanteks atau pewarna kain untuk dicelupkan ke dalam sumber makanan agar terlihat lebih merah dan menggiurkan.

Kamu sendiri pasti tahu kan risiko apa yang nantinya harus ditanggung jika mengonsumsi makanan dengan zat pengawet atau bahan kimia berbahaya seperti itu? Apalagi, banyak juga pabrikan rumahan yang menggunakan bahan cabai dan bawang yang sudah busuk ke dalamnya sehingga mengurangi budget produksi.

Leave a Comment