Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan semua orang, bukan hanya wanita, melainkan juga pria. Tak jarang, mereka melakukan segala cara, termasuk diet. Tapi siapa sangka, perut bisa rata tanpa diet, dengan 7 gerakan yoga berikut ini!

1. Pose Tadasana

Pose Tadasana
Pose Tadasana | Foto : stylecraze.com

Apa itu pose tadasana? Pose Tadasana adalah posisi badan dengan berdiri tegak. Sulitkah melakukan pose tandasana itu? Tentu tidak.

Caranya mudah, yaitu berdiri tegak diatas matras. Setelah itu, letakkan tangan disamping badan. Kemudian berjinjitlah sambil menarik kedua tangan ke atas sembari menarik nafas. Setelah itu, kembali menapak dan menghela nafas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 sampai 10 kali.

Lantas, apa manfaat dari pose tandasana ini? Manfaat dari pose tandasana ini ialah untuk memperlancar peredaran darah dan menguatkan otot perut. Disamping itu, juga melatih posisi tubuh tetap tegak dan otot bisa bekerja secara optimal.

2. Pose Padahastasana

Pose Padahastasana
Pose Padahastasana | Foto : stylecraze.com

Gerakan yoga lainnya yang membuat perut rata adalah pode padahastasana. Bagaimana gerakannya?

Gerakannya cukup mudah, yaitu posisi badan tegak, kemudian angkat tangan ke bagian atas sambil menatik nafas. Setelah itu, letakkan tangan pada telapak kaki sambil menghembuskan nafas. Tahan pose padahastsana ini kira-kira selama 60 detik.

Pose padahastasana yang sempurna adalah saat wajah bisa benar-benar menghadap lutut. Namun bagi pemula, jika tidak bisa tidak perlu memaksakan.

Gerakan ini bermanfaat untuk melenturkan otot yang kaku. Selain itu, juga ampuh untuk mengencangkan otot dan membakar lemak di perut.

3. Pose Paschimottanasana

Pose Paschimottanasana
Pose Paschimottanasana | Foto : brigiddineen.com

Gerakan yoga lainnya yang ampuh untuk menghilangkan perut buncit adalah pose paschimottanasana. Cara melakukan gerakan ini mungkin terlihat mudah, padahal tidak demikian kenyataannya.

Caranya, duduk dengan kaki lurus ke depan. Pastikanlah tulang punggung tetap tegak. Setelah itu, tarik nafas dan kempeskan perut. Lalu, peganglah kakimu dengan tangan sambil mencium lutut kaki dan tahan selama 60 detik.

Lakukan gerakan paschimottanasana sebanyak 5 sampai 10 kali. Jika belum terbiasa, tidak perlu memaksakan gerakannya.

Lantas, apa keistimewaan dari gerakan paschimottanasana? Nah, dibanding gerakan lainnya, paschimottanasana dirasa sangat ampuh untuk membakar lemak di perut.

4. Pose Pavananuktasana

Pose Pavananuktasana
Pose Pavananuktasana | Foto : stylecraze.com

Ada juga gerakan lain yang membuat perut rata, yaitu pose pavananuktasana. Cara melakukan gerakan ini tidaklah sulit.

Langkah pertama, rebahkan tubuh dan luruskan kaki. Setelah itu, ambil nafas dan angkat wajah dan kaki kanan. Kemdian ciumlah lutut sambil menghembuskan nafas. Pastikan posisi punggung tetap di matras. Lakukan gerakan pavananuktasana sebanyak 5 kali.

Lalu, apa manfaat dari gerakan pavananuktasana itu? Manfaat gerakan pavananuktasana adalah melatih pernapasan, membuat perut lebih rata, dan membuat tubuh lebih lentur. Gerakan ini tidak selalu harus diatas matras, bisa juga dilakukan di atas kasur.

5. Pose Naukasana

Pose Naukasana
Pose Naukasana | Foto : eyogaguru.com

Pose naukasana atau lebih dikenal dengan pose kapal. Iya, memang sekilas gerakan ini mirip seperti kapal. Bagaimana gerakannya?

Pertama-tama berbaringlah di atas matras sambil merapatkan kaki dan kanan. Tarik nafas secara perlahan sambil mengangkat kepala, bahu dan lengan keatas. Selain itu, angkat juga kaki seperti gambar diatas.

Beban tubuh dipusatkan pada bagian pusar. Tahan gerakan selama 30 sampai 60 detik. Ulangi gerakan naukasana sebanyak 5 kali. Dengan gerakan ini, membuat otot lebih kencang dan membakar lemak di perut.

6. Pose Uttanpadasana

Pose Uttanpadasana
Pose Uttanpadasana | Foto : stylecraze.com

Mau coba gerakan yoga lainnya? Yuk coba gerakan uttanpadasana. Caranya adalah dengan berbaring di kasur atau matras dengan posisi sempurna, tangan disamping, kaki lurus. Angkat kaki secara perlahan sampai 40 derajat (tegak lurus). Tahan gerakan ini selama 60 detik. Kemudian ulangi gerakan uttanpadasana sebanyak 5 kali.

Manfaat dari gerakan uttanpadasana ini adaah untuk mengencangkan otot perut dan otot kaki. Dengan begitu, Anda cukup berbaring di kamar dan perut pun menjadi rata. Mudah bukan?

7. Pose Bhujangasana

Pose Bhujangasana
Pose Bhujangasana | Foto : artofliving.org

Pose bhujangasana bisa dibilang lebih sederhana dibanding gerakan yoga lainnya. Caranya, rebahkan tubuh dalam posisi tengkurap dengan kaki lurus. Setelah itu, letakkan telapak tangan dibawah bahu.

Lalu, tekan telapak tangan dan angkat tubuh secara perlahan sambil menarik napas. Tahan pose bhujangasana sampai 60 detik. Setelah itu, kembali ke posisi tengkurap dan hembuskan nafas.

Pose bhujangsana bukan hanya membakar lemak, melainkan juga meredakan sakit pinggang. Selain itu, juga melatih oto perut menjadi kencang.

Tuh kan, membuat perut rata tak selalu harus diet, bisa juga dengan gerakan yoga sederhana. Yuk coba, dan rasakan manfaatnya.