Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa menjadi seorang penulis tidak harus bisa menulis. Bisa menulis atau tidak, itu bukan masalah. Yuk gabung ke dalam komunitas penulis dan gali ide-ide brilian dalam bentuk tulisan.

Bukan Perkara Bisa atau Tidak, Melainkan Mau atau Tidak

Sejak kecil, setiap orang pasti punya cita-cita. Entah jadi dokter, guru, pilot, polisi, dan lain-lain. Namun seiring berjalannya waktu, cita-cita tersebut tak sejalan dengan kenyataan.

Kenyataan yang terkadang menjerumuskan kita ke dalam bidang yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, yakni menjadi seorang penulis. Mungkin masih ada segelintir orang yang beranggapan kalau menulis itu perlu bakat. Padahal anggapan seperti itu jelas-jelas keliru.

Sederhananya, menulis merupakan proses menuangkan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan. Kalau pun tidak punya bakat untuk menulis, coba saja gabung ke komunitas penulis.

Menulis itu pada kenyataannya bukan perihal bisa atau tidak, melainkan mau atau tidak. Siapa pun pastinya bisa menulis atau sekadar merangkai kata-kata sederhana.

Contohnya saja tulisan yang lahir dengan tulus dan natural dari seorang anak kecil kepada ibunya yang berbunyi “aku sayang mama”. Mungkin kalimat tadi tidak puitis, namun karena terlahir dari hati yang tulus, terdengar sangat indah.

Jadi menulis itu sederhana bukan? Menulis itu sangat-sangat sederhana. Kita bebas mengekspresikan suasana hati lewat kata-kata. Kuncinya, apapun yang berasal dari hati, hasilnya akan indah. Begitu pula halnya dengan tulisan.

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mau dibawa kemana tulisan-tulisan itu? Apakah hanya akan menjadi tulisan dalam kertas yang perlahan usang dimakan usia atau dijadikan bisnis?

Kalau hanya sekadar dijadikan sebagai koleksi pribadi, kita bebas merangkai kata sesuka hati. Berbeda halnya jika ingin menjadikan menulis sebagai sebuah bisnis.

Iya, menjadikan menulis menjadi sebuah bisnis berarti berencana untuk menjadi seorang penulis handal. Dan untuk menjadi seorang penulis handal tak mudah, tapi sulit juga tidak.

Menjadi seorang penulis handal berarti harus terampil dalam menulis. Untuk terampil menulis itu bukan perkara yang sulit. Anda hanya perlu rajin berlatih menulis dan memahami kaidah penulisan dengan benar.

Jika sudah bisa memahami kaidah penulisan, langsung praktekkan dengan membuat sebuah tulisan. Karena pada dasarnya, menulis itu tidak perlu banyak teori, tetapi praktek.

Berlatih menulis akan terasa lebih mengasyikkan jika belajar dengan sesama penulis. Oleh karena itulah, tak ada salahnya untuk bergabung ke komunitas penulis.

Tunggu apalagi, yuk gabung ke dalam komunitas penulispro.net. Register terlebih dahulu dan bersiaplah untuk merasakan asyiknya sharing ilmu tulis menulis.