Currently set to No Index
Currently set to No Follow

6 Cara Menjadi Penulis Yang Handal

Menulis merupakan suatu pekerjaan yang tidak begitu populer di kalangan masyarakat umum. Kegiatan menulis cenderung indentik dengan kata “bosan”, namun ternyata jika diselami lebih dalam, menulis merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, bahkan menguntungkan dan dapat menjadi sebuah mata pencaharian apalagi jika hasil tulisan kita disukai oleh banyak orang. Namun bagaimana cara untuk menjadi seorang penulis yang baik sehingga tulisan kita diminati oleh khalayak ramai?
Berbagai macam informasi dari seluruh pelosok dunia baik itu tentang ilmu, produk, pesan, dongeng, humor bahkan gosip sekalipun dapat disampaikan melalui sebuah tulisan. Maka dari itu menjadi seorang penulis merupakan pekerjaan yang sangat penting terlebih lagi derasnya arus informasi di era internet seperti sekarang ini yang menuntut kegiatan penulisan semakin giat. Peluang untuk bisa menghasilkan uang dari kegiatan menulis, baik itu artikel, berita, ataupun buku semakin besar.
Ada 6 hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang penulis yang baik.
1. Membaca
“Seorang pembicara yang baik merupakan pendengar yang baik pula”, tampaknya pepatah tersebut berlaku juga pada kegiatan menulis. Untuk menjadi seorang penulis yang handal, seseorang harus mau menjadi pembaca yang rajin. Dengan sering membaca, maka pengetahuan akan semakin luas, dan luasnya pengetahuan seorang penulis akan mempengaruhi kualitas tulisan yang dihasilkan.
2. Memiliki seorang editor
Penulis yang baik menyadari bahwa dia tidak bisa bekerja sendiri. Sehingga dia memerlukan seorang editor. Editor adalah orang yang bertugas memeriksa, memperbaiki dan memberikan kritik serta saran untuk seorang penulis sehingga hasil tulisan menjadi lebih baik dan sempurna. Semakin baik seorang  editor, maka kesalahan dalam tulisan akan semakin sedikit. Untuk mendapatkan seorang editor bisa dengan bergabung pada sebuah komunitas menulis yang sekarang banyak terdapat di berbagai sosial media seperti facebook dan lain-lain.
3. Mencari dan mengumpulkan ide
Ide-ide kreatif sangat diperlukan dalam kegiatan menulis, tanpa ide maka sebuah tulisan tidak akan menarik. Seorang penulis yang baik harus mendapatkan ide dan mengumpulkannya setiap hari. Sebuah ide terkadang datang tanpa disengaja, dan pada saat sebuah ide datang maka ide tersebut harus segera dicatat atau diingat. Karena itu seorang penulis yang baik harus selalu membawa catatan kecil untuk mencatat ide-ide yang terlintas difikiran setiap harinya.
4. Menulis setiap hari
Teori akan menjadi sia-sia jika tidak dipraktekan. Untuk menjadi seorang penulis yang ahli maka harus banyak berlatih menulis, dengan begitu kita akan semakin mudah menuangkan ide-ide kreatif kita menjadi sebuah tulisan yang baik. Menulislah setiap hari, meskipun itu hanya beberapa menit agar kemampuan menulis kita semakin baik setiap harinya.
5. Menulis ulang
Kegiatan menulis ulang suatu tulisan yang pernah kita tulis terlihat seperti pekerjaan yang sia-sia, namun dengan menulis ulang suatu topik yang pernah kita tulis sebelumnya dan membandingkannya merupakan cara untuk mengevaluasi kemajuan kemampuan menulis kita. hal ini cukup berguna sebagai bahan penilaian diri kita terhadap kemampuan kita sendiri.
6. Carilah inspirasi
Hal ini cukup sulit dijelaskan tetapi ada suatu bagian dalam proses penulisan yang misterius. Inspirasi merupakan anugrah bagi seorang penulis, inspirasi merupakan nyawa dari sebuah tulisan. Mendapatkan inspirasi memang tidak mudah, terkadang seseorang harus merenung untuk mendapatkan inspirasi, kualitas sebuah tulisan ditentukan juga oleh dalamnya inspirasi yang didapatkan. Setiap orang memiliki cara mendapatkan inspirasi yang berbeda, ada yang mencari inspirasi dengan mengobrol, mendengarkan musik, bahkan ada yang melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat demi mendapatkan sebuah inspirasi.
Demikian keenam cara untuk menjadi seorang penulis yang handal, dengan menerapkan cara-cara tersebut maka kemampuan menulis anda akan menjadi semakin baik.

Leave a Reply