Inspirasi 7 Cara Mudah Menjadi Penulis Ala Google Tanpa Plagiasi

7 Cara Mudah Menjadi Penulis Ala Google Tanpa Plagiasi

-

- Advertisment -

Membaca judulnya pasti pembaca langsung curiga, artikel ini membahas cara menjadi plagiator. Eits, jangan langsung tuduh, sebaiknya relaks-kan badan, kalau perlu ambil bantal untuk sandaran dan kemudian mulai membaca 7 Cara mudah menjadi penulis ala google tanpa plagiasi.
Menjadi Penulis Itu Seksi
Saat ini menjadi penulis sudah menjadi salah satu profesi idaman, meski hanya untuk sebagian orang. Lha gimana tidak menjadi idaman, tanpa berpanas-panasan, pelotot-pelototan dengan atasan atau mengeluarkan otot seperti Gatotkaca, uang dapat mengalir dengan aman ke rekening.
Nah, sebab alasan tersebut maka profesi penulis terlihat makin seksi, dan berbondong-bondonglah orang mencari cara menjadi penulis. Google adalah tumpuan utama untuk mencari cara menjadi menulis yang terbaik. Sayangnya, banyak calon penulis yang secara tergesa-gesa ingin cepat kaya dan terkenal, menjadi plagiator dengan memanfaatkan si Google.
Penulis Tidak Bisa Menghindari Google
Google tidak dapat dipungkiri memang telah menjadi media utama dalam penulisan. Baik untuk mencari bahan tulisan dan mempublikasi tulisan. Sayangnya kebaikan tersebut, juga menimbulkan keburukan, yaitu wabah plagiasi. Bisakah kita menghindar dari google?
Jawabannya adalah tidak. Dari google lah tulisan seseorang bisa dibaca banyak pembaca. Dari google pula beragam bahan dalam beragam bahasa diperoleh. Cara menjadi penulis yang baik juga diperoleh dari google. Lalu jika tidak bisa menghindari dari google, bagaimana cara menjadi penulis yang baik alias terhindar plagiasi? Jawabannya ada di bawah ini.
Cara Menjadi Penulis Ala Google
Yups, jawabannya adalah menjadi penulis ala google. Sebab beragam materi kita peroleh dari google dengan gratis dan tanpa syarat. Boleh banget kok manfaatin google, asal melakukan 7 cara mudah menjadi penulis ala google tanpa plagiasi berikut:
1. Fokus pada tema/keyword
Saat mulai menulis tentukan tema dan kemudian keyword, sehingga fokus menulis akan tersusun dengan baik. Lalu bahannya?
2. Cari materi paling sesuai
Penulis membutuhkan bahan untuk melaksanakan pekerjaannya. Bahan untuk penulis tentunya bacaan, dan google menyediakan bacaan yang tidak terbatas. Cari yang paling sesuai dengan tema dan keyword. Tetap fokus dan jangan hiraukan artikel yang tidak sesuai. Artikel tak bersesuaian akan menghabiskan energi.
3. Batasi maksimal 5 artikel
Sedemikian banyak artikel yang sesuai dengan tema dan kata kunci, tentu sangat membingungkan. Maka pilih maksimal 5 artikel terbaik versi anda.
4. Baca dan pahami
Baca kesemua artikel dengan cara membaca memindai (membaca hanya poin-poin penting) dan kemudian pahami.
5. Kolaborasikan
Kolaborasikan semua artikel yang telah anda baca dan pahami. Sangat umum, bahwa suatu artikel memiliki kekurangan yang ternyata bisa ditemukan di artikel lainnya. Kalau anda memiliki materi pelengkap sendiri tentu lebih baik. Jika tidak ada, ya lakukan tambal sulam.
6. Tulis ulang dengan gaya sendiri
Bagian inilah, yang akan membuat anda menjadi penulis orisinil. Memiliki gaya sendiri dan tidak main comot tulisan orang. Setelah membaca, memahami dan mengkolaborasikan, maka tulis ulang artikel tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap orang diciptakan unik, maka tulisan satu orang dan lainnya sudah pasti berbeda.
7. Materi berbahasa asing oke punya
Pusing, sekali sebab tema artikel sudah banyak dibahas. Coba deh jalan-jalan sebentar ke Amerika atau negara lain lewat google. Cari artikel berbahasa asing sesuai tema. Kemudian tulis ulang dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta enak dibaca. Berikan sentuhan khas Indonesia, sehingga karya berbahasa asing tersebut, benar-benar asli milik anda, bukan hanya menterjemahkan.
Selain 7 cara tersebut, tentu masih banyak cara menjadi penulis lainnya yang juga akan menghindarkan anda dari plagiasi. Contohnya memperkaya diri dengan materi atau bacaan-bacaan. Masih memiliki cara menjadi penulis lainnya? boleh kok ditambahkan.
Ternyata sederhana bukan, cara menjadi penulis tanpa plagiasi dan tidak perlu menghindar dari google. Bagi anda yang ingin memulai menulis, semoga 7 cara mudah menjadi penulis ala google tanpa plagiasi, bisa bermanfaat. Selamat menulis!

1 COMMENT

Latest news

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dengan penyakit maag yang menimpa orang dewasa.

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui oleh beberapa ilmuan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Namun entah kenapa...

Jasa Penulis Artikel di Kaimana (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Kaimana, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku bisnis...

Jasa Penulis Artikel di Teluk Wondama (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Wondama, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...
- Advertisement -

Jasa Penulis Artikel di Teluk Bintuni (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Bintuni, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Jasa Penulis Artikel di Raja Ampat (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Raja Ampat, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Must read

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu...

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you