5 Pengobatan Kuno yang Dapat Meningkatkan Kesehatan dan Kebersihan

Penulispro.net – Pengobatan kuno seperti “oil pulling” dan pijat Shirodhara mungkin belum sering kita dengar di Indonesia. Namun pengobatan seperti itu saat ini sudah cukup populer digunakan di berbagai negara. Pengobatan kuno tersebut dikenal dengan Ayurveda yang telah ada ribuan tahun yang lalu, dan sebagian orang mempercayainya, bagaimana dengan Anda?

Nah, berikut ini beberapa tips Ayurveda yang sedang populer:

1. Shirodhara

Shirodhara merupakan pijat menggunakan minyak. Minyak beraroma disiramkan dari sebuah wadah ke dahi atau yang dikenal dengan “mata ketiga” lalu biarkan minyak tersebut turun ke rambut dan menciptakan relaksasi dan sensasi bahagia yang dapat bertahan setelah 30 menit setelah pengobatan ini. Pengobatan ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala dan juga mengobati sakit kepala, kecemasan, dan rasa marah.

2. Oil Pulling

Para praktisi percaya bahwa jika kita mengoleskan gusi dan kemudian menyikat dengan mulut penuh minyak alami, seperti minyak kelapa atau minyak wijen selama dua puluh menit, maka dapat meningkatkan kesehatan mulut. Kesehatan mulut tersebut juga meliputi gigi yang lebih putih dan nafas yang lebih segar.

3. Membersihkan lidah

Lihatlah lidah kita saat bangun di pagi hari. Kita dapat melihat kesehatan tubuh kita melalui lidah kita. Jika dilapisi warna putih maka sistem tubuh membutuhkan sedikit tambahan dorongan nafsu makan atau mengusir racun. Sebelum gosok gigi, maka bisa menggaruk lidah kita dengan alat khusus atau bisa juga dengan sendok.

microgen/Getty Images via Canva.com

4. Membersihkan kulit mati dan pijat minyak

Sebelum mandi kita perlu membersihkan bagian kulit mati dengan menggunakan sikat atau kain, kemudian pijat dengan minyak kelapa atau minyak wijen. Gunakan gerakan melingkar pada perut dan sendi.

5. Nasal Flushing

Nasal flushing dilakukan dengan menyiramkan air pada satu lubang hidung dan biarkan itu mengalir ke lubang yang satunya. Selain dapat menghilangkan rasa gatal ini juga dapat membersihkan jalur di telinga dan tenggorokan.

Cara-cara pengobatan kuno tersebut dapat kita lakukan sesuai dengan kebutuhan kita. Jika masih ragu bisa mendatangi tempat-tempat pengobatan yang memang sudah ditangani oleh para ahli ayurveda.

Penulis: Irma Essanovia

Leave a Comment