Cara Menjadi Penulis Cerpen Majalah

Cara Menjadi Penulis Cerpen Majalah

Menjadi pembaca majalah mungkin membuat kita tidak asing lagi dengan nama-nama penulis yang karyanya sering dimuat. Naskah cerpen dimuat di majalah memang jadi kebanggaan tersendiri. Bayangkan jika nama kita yang sering berseliweran di berbagai media. Tapi, sudahkah hal itu terjadi? Kalau belum, jangan cuma iri melihat nama-nama orang yang karyanya sukses mejeng di majalah. Giliran kita yang harus menembus media. Berikut adalah cara menjadi penulis cerpen majalah yang akan membantu sobat yang ingin cerpennya dimuat di majalah.

Ingin tahu tahapannya? Cekidot!

Mengenal Media
Ibarat seorang gadis, kitapun harus mengenalnya sebelum mendapatkan hatinya. Media juga sama. Kita harus paham tentang media tersebut, ditujukan untuk golongan apa dan bagaimana karakter cerpen yang biasanya di muat di majalah tersebut.

Pelajari Tulisan yang Sudah dimuat
Kalau bisa, jangan cuma sekali dua kali. Bacalah banyak cerpen yang sudah dimuat di majalah tujuan, kalau perlu berulang-ulang, agar kita benar-benar paham cerpen seperti apa yang sesuai selera redaktur.

Siapkan Cerpen Sesempurna Mungkin.
Setelah memahami cerpen yang sesuai selera redaktur, kini saatnya untuk menulis naskah sendiri. Karena cara menjadi penulis memang harus banyak menulis. Tulis cerpen terbaikmu, sunting, dan jangan sampai ada typo. Karena redaktur majalah pasti akan illfeel melihat naskah yang berhamburan typo. Naskah yang baik diketik dengan huruf times new roman dengan ukuran 12 dan pada umumnya menggunakan spasi 1,5 atau 2. Di halaman terakhir naskah, jangan lupa sertakan data diri lengkap dengan alamat dan nomer rekening. Agar pihak redaksi mudah menghubungi dan mengirimkan honor menulis jika tulisan kita dimuat. Setelah selesai, simpan naskah sobat dengan format doc.

Jika ketiga hal di atas sudah dilakukan, berarti tinggal proses selanjutnya yaitu mengirimkan naskah cerpen sobat ke majalah. Caranya pun tidak sembarangan. Ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui. Tenang, caranya tidak sulit, kok. Apa saja? Cek this out!

Cari Tahu Alamat E-mail Majalah Tujuan.
Biasanya alamat lengkap serta e-mail tercantum lengkap di majalah. Sobat bisa membeli majalah tersebut dan mencatat alamat e-mailnya. Atau bisa juga googling. Banyak blog yang berbaik hati membuat daftar alamat e-mail media yang menerima kiriman naskah cerpen.

Tulis Kata Pengantar di Badan E-mail.
Ibarat bertamu, akan lebih sopan pastinya jika memberi salam. Tak perlu panjang, hanya pengantar yang singkat untuk sopan santun.

Lampirkan Naskahmu.
Selesai menulis pengantar di badan e-mail, langsung saja lampirkan naskah yang sudah disiapkan dan kirim. Jangan lupa pastikan format naskah cerpen sobat adalah doc, untuk memastikan naskah tersebut bisa dibuka di komputer mana saja.

Berdo’a

Langkah selanjutnya, bantu usaha sobat dengan do’a. Semoga tulisan yang sudah dibuat dengan sepenuh hati bisa layak menghiasi media incaran.

Bersabar
Ditolak adalah kodrat penulis. Bersabar adalah salah satu cara menjadi penulis, tanpa bersabar pasti   sobat akan cepat menyerah dan tidak kehilangan semangat untuk menulis lagi. Padahal, semua penulis pasti pernah merasakan pahitnya ditolak. Terlebih penulis baru. Tapi percayalah, jika sobat terus bersabar dan terus menulis pasti akan ada saatnya tulisannya dimuat. Menjadi penulis cerpen majalah itu harus punya mental baja. Jika ditolak, kirim lagi. Jika gagal, coba lagi. Intinya, jangan putus asa! Nah, tidak terlalu ribet kan cara menjadi penulis cerpen majalah? Segera praktekkan, lakukan semua tahapan dan siap-siap naskah cerpen sobat dimuat di majalah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment