Kacang adalah salah satu cemilan favorit orang Indonesia. Cemilan ini biasanya dimakan sebagai teman begadang Anda sambil menonton pertandingan sepakbola. Jika kita makan kacang dijamin deh tidak akan pernah bisa berhenti. 

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah sangat pas dimakan ketika kita sedang nyantai sambil menonton televisi. Saking asyiknya menonton televisi sambil ngemil kacang, hingga tanpa terasa kacang dalam toples pun habis. Ya begitulah kebiasaan yang sering terjadi di sebagian besar masyarakat Indonesia.

Indonesia terkenal akan berbagai jenis kacang-kacangannya dan dengan berbagai olahan dari kacang. Salah satu makanan yang berbahan dasar kacang adalah kacang telur. Meskipun cemilan ini cukup sederhanan, namun cemilan ini sangat pas bagi Anda yang merasa dengan kacang goreng.

Cara Membuat Kacang Telur yang Sederhan Bisa Dipraktikan Sendiri!

Resep-Kacang-Telur

Seperti membuat makanan yang lain, pemilihan bahan baku dan cara membuat kacang terlur juga merupakan faktor penting yang harus diketahui. Pilihlah kacang tanah dengan kualitas yang baik alias padat dan berisi. Untuk mempersingkat wakru pengerjaan dan memudahkan proses membuat kacang telur, Anda bisa membeli kacang tanah yang telah dikupas. 

Bukan hanya bahan baku kacang tanahnya saja yang diperhatikan. Usahakan gunakan minyak goreng yang baru dan bagus agar menghasilkan kacang telur yang garing dan benar-benar empuk.

Selain untuk cemilan Anda sehari-hari, kacang telur juga bisa dijadikan alternatif suguhan untuk para tamu Anda. Cara membuat kacang telur tidak lah sulit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat.

Memang, untuk menghasilkan kacang telur yang gurih sedikit sulit. Banyak orang yang mengalami kegagalan untuk saat membuatnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita membuat kacang telur, contohnya waktu menggoreng. Karena, kematangan kacang goreng harus pas maka dari itu perhatikan waktu menggorengnya. Jika menggorengnya terlalu singkat maka kacang telur akan terasa mentah. Sedangkan, kalau terlalu lama kacang telur bisa gosong dan rasanya pahit.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan balutan tepung pada kacang telur harus padat dan halus. Yang perlu diperhatikan adalah saat Anda memasukan adonan telur dan tepung ke dalam adonan. Jangan memasukan bahan ke dalam adonan sekaligus, tapi masukkan bahan balutan tersebut perlahan-lahan.

Untuk menghasilkan kacang telur yang matang dengan sempurna, kacang harus melewati proses penyangraian sebelum dimasukkan tepung. Tetapi cukup sangrai kacang hingga setengah matang atau berwarna keemasan.

Lantas bagaimana cara membuat kacang telur yang sederhana, namun menghasilkan kacang telur yang enak? Berikut ini adalah resep dan cara membuat kacang telur yang bisa And praktikan dirumah:

Bahan-bahan-membuat-kacang-telur

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

• ½ kilogram kacang tanah yang telah dikupas

• 1 butir telor ayam

• 2 siung bawang putih

• 2 sendok teh garam

• 150 gram gula halus

• 2 sendok makan tepung tapioka

• 100 gram tepung terigu

• Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kacang telur yang sederhana:

Proses-sangrai-kacang

1. Cara membuat kacang telur yang pertama adalah Bersihkan kacang tanah yang telah dikupas, lalu tiriskan. Setelah itu siapkan wajan untuk proses penyangraian kacang.

2. Sangrai kacang tanah hingga warnanya berubah keemasan.

Ulek-bawang-putih-dan-garam-hingga-halus

3. Cara membuat kacang telur selanjutnya adalah haluskan 2 siung bawang putih dan garam dengan cara diulek.

masukkan-ulekan-bawang-putih-ke-tempat-lain

4. Kemudian, masukkan bawang putih yang sudah halus ke dalam sebuah tempat.

masukkan-gula-halus-dan-telur

5. Setelah itu, masukkan 150 gram gula halus dan 1 butir telur ke dalam tempat yang sama dengan bawang putih.

aduk-hingga-tercampur-rata

6. Kocok gula halus, telur dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga tercampur rata.

masukkan-kacang-ke-dalam-adonan

7. Cara membuat kacang telur selanjutnya adalah masukkan kacang tanah yang telah disangrai ke dalam adonan yang telah dikocok tadi.

8. Aduk kacang hingga mencapur dengan adonan telur, gula halus, dan bawang putih.

Campurkan-tepung-terigu-dan-tepung-tapioka

9. Setelah itu, campurkan tepung tapioka dengan tepung terigu. Aduk keduanya hingga merata.

taburi-kacang-dengan-campuran-tepung

10. Kemudian, masukkan campuran tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam adonan kacang yang telah tercampur dengan gula halus, telur, dan bawang putih.

11. Lalu aduk kacang dan tepung hingga merata.

lalu-goreng-kacang-yang-sudah-dilumuri-tepung

12. Setelah itu, goreng kacang yang telah tercampur dengan tepung hingga matang.

kacang-telur-siap-disajikan

13. Kacang telur siap dihidangkan.

kacang-telur-dalam-toples

Setelah semua cara membuat kacang telur selesai, masukkan kacang telur ke dalam sebuah toples. Jika disimpan ke dalam toples kacang telur bisa tahan hingga 1 bulan. Agar kacang telur tetap krispi saat dimakan gunakan toples yang kedap udara.

Itulah cara membuat kacang telur, mudah bukan? Anda bisa langsung praktikannya dirumah.

Baca Juga Nih: Wonderful! Tempat Wisata Raja Ampat, Surga yang Tersembunyi