Kejebak macet sama kejebak di masa lalu itu punya kesamaan. Apa kesamaannya? Dua-duanya itu bikin makan hati. Coba deh jujur sama diri sendiri, pernah enggak sih ngalamin salah satunya, atau mungkin dua-duanya sekaligus? Ah, enggak usah pucet gitu mukanya. Udah ketauan kok, kalau kamu korban dari dua-duanya. Iya kan?

kejebak

Kejebak Macet

kejebak macet

Siapa coba yang enggak kesel kalau lagi buru-buru buat pergi ke suatu tempat, eh di jalan kejebak macet. Ya kalau cuma janjian sama temen, tinggal kabarin aja kalau kita lagi kejebak macet, selesai. Tapi gimna jadinya, kalau kejebak macet pas mau masuk kantor atau kuliah. Pasti panik banget kan?

ontime

Tau sendiri lah yang namanya kerja sama kuliah itu harus dateng ontime. Nih kalau kerja terus dateng telat, syukur-syukur kalau cuma ditegur. Bahayanya, kalau ternyata selama ini kamu punya rekor selalu dateng terlambat, gimana coba? Bukan cuma ditegur, mungkin langsung dipecat gitu aja.

dipecat

Dipecat bukan akhir dari masalah loh. Justru dengan dipecat, kamu bakal dapet masalah baru. Apa? Ya, kalau dipecat berarti kamu enggak punya penghasilan dong. Terus mau beli makan pake apa? Ya kali beli makan pake daun. Kan enggak mungkin. Jalan satu-satunya cari kerja yang baru.

Nah, biar musibah kayak gini enggak kamu alamin, mending cari cara deh biar enggak kena macet. Gimana caranya?

1. Dateng Lebih Awal

berangkat

Misalkan kamu masuk kerja jam 08.00 pagi. Ya jam 07.15 deh udah berangkat. Enggak ada salahnya kan, buat dateng lebih awal, daripada ujung-ujungnya kejebak macet.

2. Cari Informasi

Cari Informasi

Kamu harus up to date soal informasi. Bukan cuma tau gossip-gosip terbaru, tapi juga harus tau situasi lalu lintas. Gimana caranya? Rajin-rajin aja dengerin info lalu lintas di radio sebelum berangkat kerja. Kalau udah tau situasi jalanan, kamu cari tau jalan pintas mana yang enggak macet.

3. Naik Ojek

ojek

Nah, gimana jadinya kalau kamu justru udah kejebak macet? Ya, kalau pake kendaraan pribadi enak tinggal muter balik cari jalan lain. Nah, kalau pake angkutan umum, mana bisa coba suruh puter balik. Ujung-ujungnya mungkin kita disuruh turun dari angkotnya.

Ya kalau macetnya deket sama tempat yang kamu tuju, tinggal turun aja terus jalan deh. Jalan enggak bikin kamu mati kok, malah sehat. Terus kalau ternyata, macetnya itu masih jauh dari tempat tujuan, harus gimana? Jalan juga? Enggak mungkin lah, nanti yang ada bukannya nyampe,malah pingsan karena kecapean.

boros

Tenang enggak perlu panik, kamu tinggal naik ojek aja. Tukang ojek di Indonesia kan bukan hal yang langka, jadi gampang nemuinnya. Tapi yang jadi masalah, ongkosnya bro. Ongkosnya pasti berkali-kali lipat dibanding naik angkutan umum. Enggak apa-apa lah kali-kali keluar uang banyak, daripada kejebak macet.

Kejebak di Masa Lalu

masalalu

Kejebak di masa lalu itu masih terjebak di hati mantan. Nah loh, galau deh. Ayo ngaku, siapa yang lagi kejebak di masa lalu? Yang namanya kejebak, dimana pun itu, enggak ada yang enak. Apalagi kalau kejebak di masa lalu, sakitnya tuh disini!

Kejebak macet tinggal puter balik, nah ini udah bagus-bagus buka lembaran baru, eh malah hatinya malah muter balik ke si mantan. Sumo deh. Nah loh, apa itu sumo? Sumo itu istilah atau sebutan buat orang-orang yang susah move on.

move on

Kebanyakan orang sih susah move on karena banyak kenangan manis yang pernah dilewatin bareng-bareng sama si dia. Tapiiiii, apapun itu yang namanya kenangan, ya cuma dikenang, bukan buat dijalanin. So, mending hindari deh hal-hal yang bikin kamu susah move on. Apa aja?

1. Stalking Medsos si Mantan

kepo

Ini nih, kebiasaan rutin yang selalu dilakuin sama orang-orang yang kejebak di masa lalu. Ya, sifat kepo kita sama seseorang yang pernah atau mungkin masih ada di dalam hati itu kadang kelewatan. Kelewatan batas alias over dosis.

Sifat kepo ini dorong kamu buat ngepoin segala aktivitasnya di media sosial. Mulai dari twitter, facebook, instagram, path, dan lain-lain. Ya kalau keponya cuma kali-kali atau sekedar iseng enggak masalah. Nah, ni kepoin akun si dia 24 jam non stop. Gila kan?

stalking

Mending kalau pas kamu kepoin enggak ada hal-hal yang janggal. Nah, kalau ternyata dari status-satus atau foto-foto di medsosnya ada sesuatu yang janggal gimana coba? Misalnya status-status yang nunjukin kalau dia udah bisa move on dari kamu. Atau mungkin lebih ekstremnya lagi, ada foto-foto dia lagi liburan sama cewek barunya. Nah loh, makan hati kan?

Tuh si mantan aja udah bisa move on, masa kamu enggak? Masih mau nunggu dia? Mending kalau si mantan putus sama cewek barunya. Nah kalo langggeng gimana? Makanya cari pacar baru.

2. Inget-inget Kenangan Masa Lalu

foto

Apa sih kenangan masa lalu yang masih kamu simpen sampe sekarang? Mungkin foto salah satunya. Pernah ngejalanin hubungan, pasti punya momen yang diabadiin lewat foto. Katanya, foto itu buat pelepas kangen kalau enggak bisa ketemu. Nah kalau udah putus, foto itu ibarat tali yang narik kita buat masuk ke masa lalu.

Cuma itungan detik deh, tiba-tiba ada air yang ngalir di pipi alias air mata. Seketika suasana jadi mellow abis. Di tambah lagi sama iringan lagu-lagu galau. Wah udah deh edisi galau itu namanya. Bia-bisa mata sembab, gara-gara nangis semalem suntuk.

tempat

Eits, tenyata yang bikin galau tuh bukan cuma foto, tapi juga kenangan yang membekas di pikiran kita. Misalnya diajak jalan sama temen ke suatu tempat buat seneng-seneng. Eh ternyata tempat itu tempat pertama kali kamu jalan sama si dia. Awalnya mau seneng-seneng, ujung-ujungnya malah galau. Jadi mending cari aman deh. Sebelum kamu bisa move on hindari hal-hal yang berkaitan sama si dia, termasuk tempat kencan dulu.

musik

Atau buat kamu yang suka dengerin musik di radio, harap hati-hati deh. Hati-hati nanti denger lagu kenangan sama si dia. Eh tapi kadang, justru banyak yang sengaja dengerin lagu kenangan pas masih jadian. Nah, kan cari penyakit banget nih orang. Udah tau bikin mellow, masih aja dilakuin.

Hayoh, jadi mana yang lebih parah mana, kejebak macet atau kejebak di masa lalu? Apapun kondisinya, kejebak itu enggak enak, kecuali kalo kejebaknya dipelaminan sama kamu #edisigombal.