Sign In

Remember Me

Awas Ketipu, Stiker Lucu yang Ternyata Narkoba!

Awas Ketipu, Stiker Lucu yang Ternyata Narkoba!

Sekilas mungkin tak ada yang aneh dari kertas-kertas dengan emoticon lucu ini. Namun nyatanya, tampilan lucu tersebut menjermuskan kita ke lembah jurang narkoba.

Iya, stiker dengan tampilan gambar-gambar lucu tersebut tak lain adalah narkoba. Kandungan narkoba yang terdapat pada gambar-gambar lucu tersebut  adalah LSD (Lysergic Acid Diethylamide).

Nama narkoba ini rasanya masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Baru akhir-akhir ini nama LSD dikenal masyarakat. Itu pun karena kasus seorang pemuda Christopher yang menjadi supir maut Mitsubishi Outlander, kecelakaan di Pondok Indah.

Lalu, apa itu LSD? LSD atau lebih dikenal dengan sebutan Smile ini adalah obat yang membuat penggunanya berhalusinasi. Jenis narkoba ini sudah ditemukan sejak 1938.

Sejak dahulu, LSD dikenal sebagai bahan kimia yang bisa mengubah suasana hati. Tak heran, jika banyak orang yang menggunakan LSD saat mood kurang baik.

Narkoba jenis ini terbuat dari asam lysergic. Asam lysergic merupakan kandungan yang terdapat pada jamur yang tumbuh pada biji-bijian dan gandum.

LSD tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari bentuk kapsul, tablet, bahkan juga cairan. Nerkoba jenis ini tak berbau, tak berwarna, dan memiliki rasa sedikit pahit. Hal inilah yang membuat LSD sulit dikenali.

Lalu, bagaimana para pengguna mengonsumsi LSD? Jika narkoba pada umumya dihisap atau disuntikkan, namun berbeda halnya dengan LSD. LSD justru dikonsumsi langsung melalui mulut.

Biasanya LSD ditambahkan ke dalam kertas yang mudah menyerap, contohnya kertas bertinta. Kertas-kertas tersebut nantinya akan dibagi menjadi kotak-kotak kecil yang diberi hiasan.

Berdasarkan penelitian dari The US Druh Enforcement Administration, LSD per dosisnya adalah 20 – 80 mikrogram. Hasil penelitian ini berbeda dengaan pengamatan pada 1960, LSD dosisnya berkisat 100 – 200 mikrogram.

Bahaya mengonsumsi LSD tidak bisa ditebak. Hal ini disebabkan, bahaya bergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Namun dari kasus Christoper kemarin, dampaknya adalah emosi yang meledak-ledak. Dengan kata lain, LSD membuat pengguna sulit mengontrol emosi.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu LSD? Awas jangan sampai tertipu oleh gambarnya yang lucu.


By

Leave a Reply