Pagi itu, selepas merasakan dinginnya air laut, saya dan beberapa teman beranjak pulang menyusuri jalanan sempit yang diapit oleh hamparan ladang padi yang tumbuh subur.

Di tengah perjalanan pulang itu, seorang teman kemudian sempat berteriak, tak tahu gerangan apa yang menyebabkan ia memberhentikan motornya, dan seketika itu ia meneriakkan nama Mario Teguh.

Di desa terpencil yang masyarakatnya bersahaja ini, saya memiliki kesempatan untuk bersalaman langsung dengan seorang motivator super asli Indonesia. Namanya barangkali sudah tak asing lagi di telinga kita. Saban minggu, Ia mengisi acara motivasi yang ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta.

Sis Maryono Teguh

Bernama lengkap Sis Maryono Teguh, Mario kecil lahir dari sebuah keluarga sederhana. Ayahnya adalah seorang tentara, yang selalu menanamkan pada anaknya bahwa hidup adalah perjuangan untuk tumbuh menjadi seseorang yang berguna bagi alam.

Sadar akan perekonomian keluarganya yang serba kekurangan, Mario Teguh selalu berupaya keras untuk menjalani sesuatu dengan sebaiknya-baiknya, belajar dengan tekun agar menjadi lebih sedikit pintar dari teman sebayanya, agar berpeluang lebih besar mendapatkan beasiswa.

Ia melanjutkan pendidikan ke luar negeri, dan sekembalinya ke Indonesia, ia bekerja di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Banyak orang yang tidak menduga, bahwa posisinya di bank tersebut yang ‘kadung’ sangat empuk, ia tinggalkan begitu saja. Seketika hidupnya berubah, dari sangat mapan menjadi serba kekurangan.

Akan tetapi, perlahan ia mulai membangun perusahaannya sendiri. Menjadi pembicara di seminar-seminar, menjadi konsultan keuangan, hingga puncaknya, ia menjalankan sebuah program televisi yang berisi motivasi.

Sekarang, ia mampu membangun lebih banyak hal yang bermanfaat untuk banyak orang. Ia selalu menekankan bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk membangun sesuatu yang super.

Seperti kisah super Sis Maryono Teguh yang percaya bahwa di dalam tubuh mungilnya, tersimpan potensi untuk menjadi seseorang yang bisa meraih kesuksesan tak terbatas. Yang terpenting adalah selalu berusaha, bekerja lebih banyak, tidur lebih sedikit, dan berdoa serta selalu meminta pada Tuhan akan kemudahan mencapai tujuan.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/mohasriady.mulyono