Banyak hal yang dapat membuat seseorang bahagia. Namun, hal tersebut bukan melulu tentang seberapa banyak harta yang dimiliki, seberapa tinggi jabatan yang dikuasai, atau seberapa hebat Anda bisa menjadi sesuatu yang popular, terkenal atau masyur diantara orang-orang yang lain. Anda disebut bahagia jika Anda memiliki hal-hal seperti di bawah ini :

Bahagia karena mampu membangun hubungan social yang kuat

Banyak orang-orang yang memiliki kelebihan materi, meresa asing dalam dunianya sendiri. Bahkan tak jarang, mereka rela mengeluarkan banyak materi hanya untuk ‘membeli’ hubungan pertemanan. Sehingga, kendati bergelimang harta, mereka tak mampu mendapatkan kebahagian yang sebenarnya.

Hubungan sosial antar sesame, keluarga, teman dan pasangan Anda harus dibangun berdasarkan atas perasaan saling mencintai dan mengasihi. Karena tlah terbukti, orang-orang berhasil membangun relasi karena perasaan mencintai dan dicintai, ternyata mendapatkan kebahagian yang sebenarnya.

Melakukan lebih banyak.

Hal ini berhubungan dengan aktifitas. Memang adakalanya kegiatan yang sangat padat akan membuat seseorang menjadi gampang stress. Tapi percayalah bahwa terlalau sering bersantai dan tidak melakukan kegiatan apapaun, jauh lebih berbahaya efeknya. Rasa bahagia akan didapat jika kita mampu mengisi berbagai kegiatan tersebut dengan berabagai kreatifitas, kebaikan, dan manfaat bukan hanya untuk diri kita sendiri namun juga bagi orang lain.

Rajin memberi

Seperti yang kita ketahui bersama, memberi jauh lebih menyenangkan daripada menerima. Makanya, para dermawan merasakan rasa kebahagian yang begitu besar ketika mampu berbagi dengan sesama.

Lakukan pekerjaan yang Anda sukai

Bukan berarti Anda pobia dengan sesuatu yang tidak Anda sukai. Bagaimanapun, kita akan dituntut untuk dapat mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan kemampuan kita. Akan tetapi yang terpenting dari itu semua adalah memiliki perkerajaan yang mampu membuat Anda nyaman.

Ingat, Anda tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan apapun, selama pekerjaan itu tidak Anda sukai dan hal itu sudah barang tentu membuat diri Anda sendiri menjadi tidak nyaman.

Itulah hal-hal yang mesti Anda lakukan jika ingin mencapai kebahagian. Semua tergantung bagaimana Anda menjalani dan membuat keputusan dalam hidup Anda.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/mohasriady.mulyono