Sukses membutuhkan proses panjang dan kemauan serta kerja keras yang maksimal. Seseorang yang ingin mencapai kesuksesan harus mampu menjalani segala rintangan dan tantangan yang ada. Etos kerja yang tinggi perlu terus dipupuk, dan jangan gampang menyerah.

Hal tersebut seperti yang ditunjukkan oleh Tadashi Yanai, seorang pebisnis asal Jepang yang menjadi orang terkaya di Negeri Matahari Terbit ini. Ia merupakan pendiri perusahan retail Uniqlo, yang memiliki kekayaan mencapai 15,5 Miliar US Dolar.

Menurutnya, seseorang yang ingin sukses harus mampu menrapakan hal-hal berikut dalam segala usaha yang ia jalani.

Punya kemauan untuk berkembang

Ketika Tadashi muda lulus kuliah. Ia kemudian diharuskan meneruskan usaha toko pakaian milik ayahnya. Toko kecil itu sebetulnya bukan menjadi tujuan akhir dari usaha Tadashi untuk meraih kesuksesan. Namun dari usaha toko itulah, Tadashi mampu merintis toko pakaian yang lebih besar, karena kemauan yang kuat untuk terus mengembangkan usaha ini.

Melihat lebih luas

Orang Minang percaya bahwa salah satu yang membuat seseorang mampu meraih kesuksesan adalah keberanian untuk keluar dari zona aman, alias pergi merantau maupun jalan-jala dalam mencari berabagi inspirasi dan ilmu.

Tadashi juga melakukan hal itu. Bahkan dalam salah satu kisah hidupnya disebutkan bahwa ia menjadikan kegiatan jalan-jalannya ke beberapa Negara lain sebagai salah factor utama bisnis pakaian menjadi sangat maju. Lewat jalan-jalan ini pula, ia banyak mendapatkan ide-ide cemerlang yang kemudian diterapkan pada bisnisnya.

Belajar dari pesaing

Bukan berarti melulu menjadi peniru. Dengan belajar dari pesaing kita mampu menciptakan inovasi-inovasi yang lebih brilian.

Jangan gampang menyerah

Tadashi bukan tidak pernah mengalami kerugian dalam menjalankan bisnisnya. Banyak cabang usahanya terpaksa ditutup, namun itu semua tidak menyurutkan tekadnya untuk terus maju. Baginya, kegagalan bukan berarti Anda tidak akan pernah berhasil. Karena segala keberhasilan, juga dimulai dengan adanya kegagalan. Tapi pastikan setelah itu, Anda harus segera bangkit dan berusaha terus.

Tadashi adalah salah satu contoh orang-orang yang mencapai kesuksesan dengan tidak mudah. Namun denga menerapkan prinsip-prinsipnya seperti yang dijelaskan di atas, maka sesungguhnya setiap orang bisa meraih kesuksesan yang diidamkannya.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/mohasriady.mulyono