Mulailah Dari Hal-hal Sederhana

Ketika Colombus menemukan benua Amerika, tidak pernah terlintas dipikirannya bahwa ia akan menjadi seorang tokoh yang dikenal dan dikenang di seluruh penjuru dunia.

Kelak, benua yang ia temukan menjadi pusat dari peradaban manusia modern. Colombus akhirnya masuk dalam 100 tokoh dunia paling berpengaruh dalam sejarah peradaban manusia di Bumi.

Kita sangat mungkin membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk mencapai tingkatan seperti Colombus. Pun, tidak segampang itu pula kita bisa menemukan satu benua baru yang bisa kita publikasikan yang akhirnya membuat kita terkenal. Namun, seperti yang selama ini kita percaya, bahwa setiap individu manusia memiliki potensi yang menjadikan ia seseorang yang fenomenal.

Akan tetapi, lupakan sejenak tingkatan itu, karena yang perlu kita lakukan sekarang adalah memulai proses dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. Apa saja hal-hal sederhana tersebut?

Belajar Lebih Banyak

Waktu bermain dan bersantai kita ternyata lebih banyak dari yang kita gunakan untuk belajar. Padahal, esensinya jauh lebih bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita. Belajar adalah upaya manusia untuk menjelahi kehidupan yang lebih luas lewat pengetahuan. Jadi, mulai sekarang kurangi waktu bermain dan bersantai, perbanyak waktu belajar agar pengetahuan kita bertambah.

Lebih Banyak Berdoa

Hubungan kita dengan Sang Pencipta harus terus dijaga. Dengan berdoa maka kita bisa menutarakan banyak hal. Berdoa adalah upaya kita dalam meminta keinginan, dan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan begitu kita akan lebih banyak diberikan kemuduhan untuk mencapai maksud dan tujuan.

Menjaga Silaturahmi

Akhir-akhir ini kita sudah jarang sekali berkomunikasi dengan sesama. Jaman tekonologi canggih telah merubah sistem keakraban kita lebih banyak dihabiskan lewat penggunakan laman-laman sosial media. Bukan sesuatu yang buruk, namun alangkah baiknya jika kita mampu kembali menghidupkan tali silaturahmi secara langsung.

Tidak perlu jauh-jauh, sesekali kita bisa mengunjungi tetangga, sanak family, dan bercengkrama dengan orang lain. Dengan begitu kita akan mampu menciptakan sebuah kondisi yang lebih bersahabat.

Jadi, mulailah dari hal-hal di atas untuk menjadi individu yang hebat seperti Colombus. Mulai dari sekarang, dan lakukan yang bisa kita lakukan.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/mohasriady.mulyono

Leave a Comment