(Benarkah) Rokok Bisa Memberikan Inspirasi?

Rokok merupakan sebuah benda yang berukuran sepanjang jari tangan dengan isinya tembakau yang telah digiling. Rokok dipercaya bisa memberikan banyak efek dan stigma, salah satunya kepada unsur gaya dan merasa hebat. Rokok juga sudah menjadi benda yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk Indonesia, bahkan melebihi nasi atau gandum sebagai makanan pokok.

Di luar hal itu, rokok sendiri mempunyai banyak efek buruk yang juga besar. Banyak kandungan yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Sebut saja Nikotin sebagai zat yang membuat pengisapnya menjadi candu. Nikotin sendiri menjadi pemicu risiko timbulnya penyakit sangat berbahaya, jantung koroner. Selain itu, masih sangat banyak kandungan zat buruk lainnya yang dikandung dalam sebatang rokok.

Meskipun begitu, rasanya sulit untuk mereka yang telah menjadi candu untuk berhenti mengisap rokok. Hal itu dikarenakan berbagai alasan, salah satunya inspirasi? Banyak orang beranggapan rokok mendekatkan kita dengan inspirasi. Benarkah demikian?

1. Merokok dan melamun

(Benarkah) Rokok Bisa Memberikan Inspirasi 3

Kegiatan merokok dan melamun seringkali dilakukan karena kedua hal tersebut sudah menjadi satu paket. Konon inspirasi pun datangnya ketika kita melakukan dua hal tersebut. Terlebih untuk seorang penulis, inspirasi yang terkadang sulit didapatkan bisa banyak mendekati ketika dua jari telah mengapit sebatang rokok.

Tidak sedikit orang yang percaya dan membiasakan untuk melakukannya. Bagi mereka itulah yang bisa memberikan banyak ide. Perasaan tenang akan datang ketika filter rokok tersebut diisap oleh bibir. Sontak ribuan ide bermunculan.

2. Satu paket dengan kopi

(Benarkah) Rokok Bisa Memberikan Inspirasi 2

Banyak orang yang bilang bahwa tidak akan puas ketika mengisap rokok tanpa ditemani dengan secangkir kopi. Ya, antara kopi dan rokok memang sudah menjadi paket bagi mereka yang menggemarinya. Jarang sekali orang yang suka merokok, namun tidak suka meminum kopi.

Dari keduanyalah inspirasi yang sempat hilang bisa muncul kembali. Aroma kopi yang dipadukan dengan isapan rokok dipercaya mengembalikan memori bagus untuk mereka. Suasana yang begitu tenang menurut mereka sangat cocok untuk mendatangkan ribuan ide cemerlang.

3. Rokok dan gitar

 

(Benarkah) Rokok Bisa Memberikan Inspirasi 1

Sama halnya dengan kopi, gitar juga bisa memberikan banyak inspirasi, terlebih dalam menulis lirik lagu atau puisi. Alunan petikan senar gitar yang merdu ketika malam akan memberikan banyak sentuhan lembut bagi pikiran. Kedua hal ini bisa dilakukan berbarengan saat sedang menyendiri. Ide memang bisa datang kapan saja dan melintas begitu saja.

Di saat seperti itulah lamunan, kopi, petikan gitar, dan rokok sendiri mampu menangkap semua ide yang sering beterbangan tanpa kejelasan. Namun kita pun harus tetap sadar bahwa rokok memberikan efek buruk untuk kesehatan. Sejatinya untuk menggali sebuah inspirasi bisa dilakukan dengan hal lainnya. Akan tetapi, pilihan kembali ke tangan kita.

 

Leave a Comment