Sebuah profesi jika dilakukan dengan serius bisa saja mendatangkan banyak prestasi. Prestasi tersebut tentu bukan saja kepada sisi materi, bahkan lebih dari itu. Kita bisa mengharumkan nama bangsa dengan apa yang telah kita torehkan. Nama harum bangsa tidak hanya dikenal di dalam negeri semata, melainkan juga di mata dunia. Inilah yang banyak diinginkan oleh banyak orang ketika menjalani sebuah profesi.

Lalu, jika harus memilih di antara atlet atau artis, lebih menarik yang mana? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan kepada beberapa atlet yang “dipaksa” untuk menjalani sebuah syuting beberapa program televisi.

Hampir sebagian besar dari mereka dengan pasti akan menjawab lebih memilih menjadi seorang atlet. Meskipun semua itu akan dijalaninya dengan penuh rasa lelah, seperti penuh dengan keringat dan cedera yang bisa mematikan kariernya. Orang yang sudah mendarah daging jiwa bertanding menjadi seorang atlet rasanya sulit untuk berubah haluan.

Berakting di depan kamera bagi kebanyakan atlet memang menjadi sesuatu yang dirasa sangat menyulitkan, bahkan dapat dikatakan lebih sulit daripada meraih medali emas. Rasa lelah yang dirasakan ketika berjibaku menjadi seorang atlet akan berbeda dengan lelah ketika harus berakting. Hal inilah yang menjadi titik terpenting bahwa menjadi atlet merupakan panggilan jiwa.

Kebanggaan Seorang Atlet dan Artis

Jika melihat kedua profesi tersebut, ada benarnya juga kita bisa berbangga dengan apa yang kita jalani. Ketika menjadi seorang atlet memiliki kebanggan bahwa kita bisa mengharumkan nama bangsa, terlebih jika kita berlaga dalam sebuah event olahraga sekelas Olimpiade. Hal itu tentu tidak bisa tergantikan oleh apa pun.

Begitu pula, ketika menjadi seorang artis akan merasa bangga ketika kita berhasil meraih penghargaan tertinggi karena prestasi yang kita raih. Deretan banyak film yang telah dibintangi bisa menjadi tolak ukur suatu kebanggaan yang didapat.

Dari kedua profesi tersebut kita bisa menarik kesimpulan, bahwa ada pretasi di dalamnya yang bisa dibanggakan untuk negeri ini. Sementara ini kita boleh kesampingkan dalam hal materi karena keduanya bisa menjanjikan materi yang berlimpah. Untuk mendapatkan sebuah prestasi tidaklah mudah dan itu hanya bisa dilakukan oleh yang namanya kerja keras, baik untuk atlet atau artis.

Denny Sumargo, Atlet Sekaligus Artis

Saat ini dunia pertelivisian sering disibukkan dengan kehadiran aktor yang bisa dikatakan baru. Pria berperawakan tinggi, kekar, putih, dan tampan ini cukup rajin membintangi beberapa film layar lebar dan juga program acara. Dialah Denny Sumargo.

Mungkin untuk nama tersebut tidak selalu dikatakan asing, terutama untuk mereka yang memantau dunia olahraga. Benar sekali, Denny Sumargo merupakan seorang atlet basket yang tergabung ke dalam klub Satria Muda. Namun belakangan memang kerap sering muncul di televisi, ketimbang muncul di arena pertandingan bersama klubnya.

Untuk ukuran fisik, memang seorang Denny Sumargo sangat cocok untuk menjadi seorang atlet basket yang memang kekar. Untuk urusan wajah juga Denny Sumargo memang cocok jadi artis karena cukup tampan. Lalu, muncul pertanyaan apakah atlet yang mengidolai Michael Jordan dan Kobe Bryant ini telah pensiun dari atlet basketnya?

Meskipun saat ini sudah jarang terlihat dalam arena pertandingan basket, namun Denny mengungkapkan dia masih tetap fokus terhadap hobinya yang sudah dijalaninya selama 12 tahun. Hanya saja dia memang sedang merasa nyaman dengan kegiatan barunya ini. Bahkan sejumlah film layar lebar telah dibintangi olehnya. Tidak tanggung-tanggung, film-film tersebut dibintanginya dengan status aktor utama.

Jika melihat status dia sebagai seorang atlet, Denny Sumargo tidak bisa dibilang atlet yang sembarangan. Dia telah menjelman menjadi atlet basket yang tangguh. Menempati posisi sebagai shotting guard, Denny Sumargo telah memberikan banyak pretasi untuk klubnya.

Pria yang lahir di Makassar pada 11 Oktober 1981 ini pernah memberikan gelar juara bersama klubnya Satria Muda Britama. Pada 2006, dia menjuarai turnamen IBL di Yogyakarta. Kemudian di tahun yang sama pula, pada IBL Regular Tournament berhasil mengalahkan klub Aspac Putra Riau.

Bahkan sejumlah prestasi yang pernah diraihnya selama menjadi atlet basket cukup banyak, yakni:

  • Juara 1 Sister City Jakarta saat masih bersama Satria Muda Britama
  • Juara 1 dalam kejuaraan IBL (Indonesian Basket Ball League)
  • Juara 1 IBL di Yogyakarta bersama klub Satria Muda Britama
  • Juara 1 IBL musim 2003 bersama Aspac
  • Juara 1 Kobatama musim 2000-2002 bersama Aspac

Selain deretan prestasi tersebut, juga banyak prestasi lainnya yang pernah dia raih. Bahkan ketika sekarang dia sering muncul di dunia hiburan, seorang Denny Sumargo ingin melakukannya dengan total dan fokus seratus persen.

“Kalau lebih fokus, setuju. Kemarin waktu syuting film 5 cm saya fokus banget, hampir 100%. Mulai dari pikiran, mental, karena saya ngga mau malu-maluin,” ucapnya ketika membintangi film perdananya.

Ungkapannya tersebut seraya ingin dibuktikan bahwa dia juga bisa meraih prestasi di manapun dia berada, termasuk dengan menjadi artis. Sebuah inspirasi yang bisa didapat ketika ingin terjun di dunia yang baru.