Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak kebiasan yang dilakukan oleh kita sebagai manusia. Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata berdampak buruk dan membahayakan kesehatan. Kebiasaan negatif seharusnya memang segera ditinggalkan, terlebih kebiasaan-kebiasaan tersebut sering dilakukan tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan dan bahkan merusak etika sosial umum.

Nah, berikut ini akan diungkapkan apa saja kebiasaan buruk sehari-hari yang harus ditinggalkan.

Mengupil (Mengorek Hidung)

Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengupil dapat menyebarkan berbagai jenis infeksi seperti flu dan pilek? Sesudah jari tangan menyentuh banyak benda atau sesuatu yang lain lalu memasukkan jari tersebut ke dalam lubang hidung, Anda bisa-bisa terserang penyakit flu dan pilek, sebab benda-benda yang disentuh tersebut mungkin saja kotor. Oleh sebab itu, hilangkan kebiasaan mengorek hidung dalam keadaan jari yang kotor.

Menjadi “Burung Hantu” di Malam Hari (Begadang)

Begadang memang menjadi kebiasaan banyak orang, terutama para remaja. Banyak dari mereka tidur sampai tengah malam untuk mempersiapkan ujian atau pekerjaan lainnya. Sesekali begadang boleh dilakukan, tetapi bila dijadikan rutinitas, tentu akan merusak kesehatan tubuh.

Tidur kurang dari 6 sampai 8 jam dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menjadi lemah. Untuk bisa menghadang berbagai penyakit, maka seseorang minimal harus tidur 7 sampai 8 jam setiap malam. Ya, tidur malam yang normal dan baik mampu membantu seseorang tetap segar beraktivitas sepanjang hari.

Merasa Selalu Kesepian

Perlu diketahui bahwa pikiran yang sehat dan segar adalah kunci kesehatan. Bila pikiran Anda sehat, hal tersebut tentu akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Bila sebagian besar waktu hanya dihabiskan untuk memikirkan kesepian atau hal lainnya yang menyebabkan rasa prustasi, tentu akibatnya akan merugikan kesehatan mental. Jadi, hilangkanlah rasa kesepian tersebut dalam hidup ini.

Menggunakan Headphone Selama Berjam-jam

Bagi sebagian orang, headphone atau earphone adalah pelengkap aktivitas sehari-hari untuk mendengarkan musik saat bekerja ataupun bepergian. Menggunakan headphone dalam waktu yang lama sampai berjam-jam adalah kebiasaan buruk. Bila mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume keras, dapat mengakibatkan gangguan pendengaran.

Mendengarkan musik dengan headphone sama dengan mengabaikan gejala minor dari gangguan pendengaran. Ini adalah salah satu penjahat paling besar dalam dunia kesehatan.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Hampir setiap wanita karier lebih senang memakai sepatu hak tinggi saat bekerja. Tahukah Anda bahwa sepatu hak tinggi dapat membahayakan tubuh para wanita seperti mempengaruhi postur tubuh, menyebabkan radang sendi akibat tekanan pada sendi, cedera tendon, nyeri punggung bahkan kecelakaan.

Jadi, untuk mengindarkan diri dari efek yang menakutkan tersebut, sangat dianjurkan para wanita memakai sepatu tak lebih dari 1,5 inci serta menggunakan sol untuk mengurangi tekanan di bagian sendi.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan jelek dan sepele yang membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat!