Banyak sekali orang yang mengalami kendala atau kesulitan saat menyelesaikan pekerjaan di kantor atau tugas di sekolah dan kampus. Masalah bisa jadi berawal dari hilangnya konsentrasi, sehingga menyebabkan tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Hilangnya konsentrasi dan sering tidak fokus ini disebabkan oleh banyak hal. Apa sajakah itu? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat memicu kolesterol tinggi, obesitas, dan hipertensi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi fungsi kognitif tubuh juga kesehatan otak. Oleh Karena itu, penting sekali mengatur pola makan sehat dan pilih makanan yang menyehatkan bagi jantung, sebab hal tersebut bagus juga untuk otak.

Kurang Berolahraga

Hilangnya ketajaman konsentrasi bisa dipicu karena menghabiskan waktu sepanjang hari di meja kerja tanpa diimbangi dengan aktivitas olahraga. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan meluangkan waktu untuk berolahraga walaupun sekadar jalan kaki, jogging ataupun bersepeda minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik ini dianggap efektif meningkatkan ketajaman konsentrasi.

Stres dan Perasaan Gelisah Berlebih

Rasa khawatir yang berlebih terhadap sesuatu hal di sekitar lingkungan bisa juga mengakibatkan stres, sehingga daya konsentrasi seseorang menurun. Tekanan-tekanan dalam pekerjaan atau tugas memang cukup sulit dihilangkan.

Namun, kita harus mampu membebaskan diri dari tekanan-tekanan tersebut. Luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan aktivitas yang menghibur supaya tekanan dan stres yang melanda bisa cepat pergi, sehingga kemampuan konsentrasi diri dapat kembali normal.

Terlalu Banyak Aktivitas

Walaupun tidak merasa ditekan dan tertekan, terlalu banyak melakukan aktivitas dapat mengganggu konsentrasi, sehingga membuat seseorang cepat lupa. Jadi, pilih-pilihlah mana kegiatan yang lebih penting dan mana yang tidak terlalu penting. Prioritaskan kegiatan yang paling penting dan tinggalkan saja kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting.

Konsumsi Obat Jangka Panjang

Penggunaan obat dalam jangka panjang bisa mempengaruhi mood dan konsentrasi. Dalam hal ini, jenis obat yang dimaksud yaitu obat penenang, obat tidur, dan yang terakhir obat anti depresan. Jika memang memerlukan obat-obat jenis itu, konsultasikanlah dahulu kepada dokter dan tanyakan apa pengaruhnya bagi tingkat konsentrasi.

Itulah beberapa penyebab hilangnya konsentrasi dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!