Masalah, selalu menjadi bagian yang tidak pernah lepas dari kehidupan. Kamu, tidak bisa menawar soal ini. Satu hal yang harus dipahami adalah, masalah-masalah itu merupakan “guru” yang akan membuat pengetahuanmu bertambah. Kamu akan banyak belajar dari rentetan masalah yang menyebalkan.

Terdengar optimis? Ya. Karena, salah satu cara menghadapi masalah adalah dengan optimis. Yakin bahwa masalah ini akan dapat selesai dengan baik; selama kamu berupaya untuk menyelesaikannya.

Selain optimis, masalah juga harus dihadapi dengan ikhlas. Ilmu ikhlas bisa jadi merupakan salah satu ilmu yang paling sulit dikuasai. Gagal dalam memahaminya lalu menerapkannya sudah jadi hal biasa. Tapi, percaya deh, semakin sering kamu berhadapan dengan masalah, ilmu ikhlas akan dengan sendirinya kamu kuasai.

Dan ini, adalah hal-hal yang terjadi ketika kamu mulai bisa ikhlas dalam menyikapi sesuatu.

1. Belajar Lebih

Tuhan tidak akan membiarkan umat-Nya kesulitan menghadapi masalah; masalah selalu satu paket dengan jalan keluarnya. Tuhan hanya ingin umat-Nya untuk belajar.

Learning

Dari ilmu yang didapat, diharapkan kamu dapat lebih mahir dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Setidaknya mahir dalam menyikapinya. Dan ilmu-ilmu baru ini hanya akan didapat ketika kamu ikhlas.

2. Lebih Tenang

bebas

Ketika kamu mulai ikhlas terhadap sesuatu, terutama masalah, kamu akan lebih tenang menghadapinya. Kamu akan melihat masalah sebagai hal “biasa” dalam hidup. Kamu merasa, tidak ada yang perlu kamu ributkan. Yang justru akan menambah masalahmu terasa lebih berat.

3. Bisa Menyelesaikannya Masalah dengan Baik

Dan, ketika sudah berhasil menghadapi masalah dengan tenang, pada akhirnya kamu akan lebih mudah memikirkan jalan keluar dari permasalahan.

problem-solving

Pikiran yang tenang, akan membuatmu melihat segala sesuatu dengan lebih jelas, dan logika akan dapat berjalan dengan baik ketika pikiranmu tenang.

4. Semua Terasa Lebih Mudah

Tidak ada yang mudah di dunia ini. Betul! Terutama jika kamu melihatnya dari kacamata seorang pesimis. Tapi, jika kamu sudah bisa lebih tenang menghadapi masalah, kamu banyak belajar darinya, semua akan terasa lebih mudah. Jauh lebih mudah. Dan ini hanya akan dirasakan ketika kamu ikhlas.

Everythings-Ok-1920x1200

5. Hidupmu Terasa Jauh Lebih Positif

think-positive

Tidak ada manusia tanpa masalah. Mulai dari masalah kecil hingga besar, pasti menjadi bagian dari perjalanan hidup seorang manusia. Tapi, saat kamu sudah mampu menyikapinya dengan lebih tenang, percaya deh hidupmu akan jauh lebih positif. Bukan hanya dalam menyikapi masalah, tetapi memandang dan merasakan hidup secara keseluruhan.

6. Membuat Orang Nyaman Berada di Dekatmu

Sifat dan sikapmu yang seperti itu, tenang, selalu berpikir positif, optimis, akan membuat orang-orang betah berlama-lama di dekatmu. Mereka seperti menemukan ketenangan ketika berada di dekatmu. Auramu yang baik, akan menarik mereka dan membantunya merasakan hal yang sama; tanpa kamu sadari.

prety spesial

7. Menjadi Lebih Bijak

wise

Sikapmu yang lebih tenang, positif, pelan-pelan akan mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu, termasuk masalah. Kamu akan lebih bijak, melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang lebih luas. Coba saja!

Teori ikhlas berbeda bagi tiap-tiap individu. Masing-masing dari kita, belajar dengan caranya sendiri. Tapi, di balik itu semua, ada satu hal yang bisa sama-sama kita rasakan ketika ilmu tersebut sudah lebih sedikit dipahami. Adalah ikhlas memberi ketenangan dalam menjalankan hidup.