Mau Pintar? Enggak Perlu Les Privat, Cukup Makan Ini!

Makan dulu sana, biar konsen kerjanya! Kata-kata kayak gini biasanya diucapin buat motivasi orang lain biar enggak lupa makan, walau kerjaan lagi numpuk. Secara logika, setiap manusia tuh butuh asupan makanan buat jalanin aktivitas sehari-harinya.

makan sehat

Kerja enggak akan bener, kalau perut kosong. Perut kosong, otak mana bisa mikir. Jadi, sesibuk apapun aktivitas kamu, jangan sampe lupa buat makan.

Ya, perut emang enggak boleh kosong, tapi bukan berarti makan makanan sembarangan. Milih makanan yang baik buat tubuh tuh sama telitinya kayak milih pasangan. Jangan sampe nyesel dibelakang. Eh, kok jadi gini ya.

menu sehat

 

Oke, kembali ke topik awal, makanan yang kita makan harus jelas. Jelas disini maksudnya makanan yang mengandung  nutrisi yang baik buat tubuh kita.

Ah, milih makanan yang sehat itu gampang. Makan buah sama sayur aja, dua-duanya tuh bagus buat kesehatan. selain buah sama sayur, ada juga beberapa makanan lain yang baik untuk otak kita. Apa aja?

1. Salmon

Salmon

Pasti udah enggak asing lagi, sama makanan yang satu ini. Salmon termasuk salah satu makanan yang kaya lemak Omega-3. Dan kamu harus tau, kalau Omega-3 itu bagus buat ningkatin kinerja otak. Omega-3 juga ampuh buat cegah pikun. Daya ingat kamu akan segala hal akan jauh lebih kuat kalau makan salmon secara rutin.

menu salmon

Walaupun salmon itu bagus buat kesehatan otak, tapi kita juga harus bisa teliti milih salmon. Kenapa? Karena nyatanya kadar lemak ikan salmon itu beda-beda. Aturannya, 2-3 kali seminggu makan salmon. Tak perlu banyak-banyak cukup 4 ons saja.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Makanan lain yang bagus buat kinerja otak kita, yaitu minyak zaitun. Ya, minyak zaitun bukan cuma buat perawatan kecantikan, tapi juga perkembangan sel-sel otak kita. Kandungan yang ada di minyak zaitun enggak jauh beda sama ikan salmon. Dua-duanya bisa dibilang sumber asam lemak Omega-3.

Salad

 

Minyak zaitun ampuh untuk menjauhkan kita dari stress. Nah, buat kamu yang super duper sibuk sama pekerjaan, kayaknya harus coba rutin konsumsi makanan yang dicampur sama minyak zaitun. Contohnya waktu kamu bikin salad. Kamu tinggal tambahin aja beberapa sendok minyak zaitun ke dalam salad. Enggak ribet kan?

3. Telur

Telur

Siapa coba yang enggak suka telur? Telur termasuk salah satu makanan yang bisa diolah menjadi beragam macam masakan. Mulai dari telur ceplok, telur dadar, sampe telur balado. Dan kamu harus tau, kalau telur itu bukan cuma enak, tapi juga bagus buat otak.

Telur ceplok

Manfaat itu bisa kamu dapetin dengan makan telur kuningnya. Ya, bagian telur kuningnya menjadi salah satu sumber kolin terbaik. Enggak heran, kalau telur berguna untuk mencegah kepikunan. Dengan mengonsumsi telur, akan meningkatkan  fungsi sel-sel otak. Alangkah baiknya, makan satu butir telur setiap harinya.

4. Coklat Hitam

Coklat Hitam

Coklat menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang. Kamu mungkin salah satunya. Wajar aja, kalau banyak orang yang suka coklat. Rasanya yang manis bikin kita ketagihan. Tapi kamu tau enggak sih, ternyata coklat itu bagus buat otak. Kok bisa?

Bukan rahasia lagi, coklat menjadi salah satu makanan yang cukup ampuh untuk meredakan stress. Karena coklat bisa meningkatkan mood seseorang. Jika mood bertambah, kerja juga makin semangat. Iya kan?

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Selain coklat, minyak zaitun, salmon, dan telur, kacang-kacangan juga bagus loh buat meningkatkan kinerja otak kita. Enggak percaya? Coba deh liat apa aja kandungan yang ada didalam kacang-kacangan?

Kacang-kacangan punya beragam nutrisi penting yang dibutuhin tubuh kita. Contohnya kandungan Omega-3 yang mencegah kita dari penuaan otak. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan vitamin E yang gunanya cegah penurunan kognitif.

Kacang kenari

Di antara jenis kacang-kacangan, kacang jenis kenari sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, buat kita lebih konsen waktu bekerja.

6. Brokoli

Brokoli

Semua orang udah tau kalau sayuran yang satu ini kaya akan manfaat. Ya, brokoli termasuk salah satu sayuran yang juga bermanfaat untuk otak.

sayur brokoli

Dengan mengonsumsi brokoli, meningkatkan daya ingat kita. Dengan kata lain, kita terhindar dari yang namanya pikun. Selain terhindar dari pikun, brokoli juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak kita. Konsentrasi akan meningkat, sehingga pekerjaan pun lebih cepat beres. Ya kan?

7. Alpukat

Alpukat

Nah, seperti yang tadi udah dijelasin, kalau sayur dan buah itu baik untuk tubuh. Dan salah satu buah yang bagus untuk kinerja otak kita adalah alpukat. Kenapa? Alpukat mengandung lemat tak jenuh yang memperlancar aliran darah. aliran darah yang lancar membuat suplay oksigen ke otak pun lancar. Dengan begitu, kita enggak lemot lagi kalau mikir.

Nah, sekarang udah tau kan makanan apa yang bagus buat otak. Jadi, kemampuan otak juga dipengaruhi sama asupan makanan ke dalam tubuh. Walaupun gitu, bukan berarti kita makan makanan sehat jadi langsung pinter. Kita juga harus rajin belajar.

Makanan cuma jadi elemen tambahan biar sel-sel di otak kita bisa berfungsi dengan baik. Setelah itu, pinter atau enggak tergantung sama kita. Kalau belajarnya serius, ya pasti pinter. Tapi sebaliknya, kalau belajarnya males-malesan, jangan mimpi deh. Karena untuk mencapai suatu kesuksesan itu enggak semudah membalikkan telapak tangan.

Kita harus berjuang keras buat mencapainya. Nah, dalam hal ini perjuangan kita adalah dengan cara belajar sungguh-sungguh. Jadi, ayo tanamkan semangat belajar mulai sekarang juga!

Leave a Comment