Sebuah rencana sering kita buat dan susun sedemikian rupa. Bahkan yang namanya rencana sering dibuat dari jauh-jauh hari. Tidak jarang untuk merealisasikan rencana tersebut, kita seringkali merelakan banyak hal. Baik itu dalam hal materi ataupun hubungan dengan sesama manusia sendiri. Dengan melakukan semua itu, tentu harapan kita adalah dapat terwujudnya rencana tersebut.

Namun sesuai dengan ketetapan Tuhan, bahwa manusia bisa berencanan, tapi Tuhan jugalah yang menentukan. Perlu diresapi secara mendalam memang untuk menyikapi pernyataan tersebut. Ketika rencana tersebut gagal terwujud, kita sering merasa kecewa dengan berlebih, tanpa berpikir bahwa ada Tuhan yang mengatur semuanya. Untuk itu, ketika menyusun sebuah rencana dalam kehidupan, rasanya harus dibarengi dengan sikap kita yang tetap merendah.

Lalu, bagaimana dengan kita, pastinya mempunyai sebuah rencana yang besar, bukan? Rencana tersebut tentunya kita persiapkan sedemikian rupa agar berjalan dengan sukses. Untuk mewujudkan rencana yang besar itu, kita tentu memerlukan perjuangan yang ekstra besar juga. Dengan jalan yang tetap lurus dan konsisten, bukan tidak mungkin rencana besar tersebut dapat terwujud.

Apakah yang menjadi rencana terbesar kamu? Ada baiknya kita simak ulasan dalam artikel berikut ini.

• Ingin memberi kado indah untuk orangtua, haji

Apa Jalan Terbaik untuk Mewujudkan Rencana Terbesarmu 1

Apa kado terindah yang bisa kamu berikan untuk orangtua? Bukan barang, juga bukan harta, melainkan kamu bisa menjadi anak yang saleh dan berguna bagi kebaikan. Namun di luar itu ada satu rencana besar yang sering diimpikan oleh banyak anak saleh, yakni menghajikan orangtua.

Haji merupakan ibadah yang termasuk ke dalam rukun Islam. Hukum dari haji sendiri merupakan wajib bagi yang mampu. Kemampuan tersebut dilihat dari berbagai aspek, salah satunya materi. Layaknya menjalani liburan ke luar negeri yang membutuhkan biaya tidak sedikit, begitu juga dengan haji.

Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk beribadah haji ada di kisaran puluhan juta rupiah. Semua itu bergantung kepada layanan yang diambil. Jika kamu ingin menghajikan orangtua maka itu membutuhkan waktu dan perjuangan yang bisa jadi cukup panjang. Namun yang harus diyakini adalah bahwa dengan perjuangan yang panjang itulah, kamu bisa mendapatkan keberkahan dari rencana tersebut.

• Menikahi pasangan

Apa Jalan Terbaik untuk Mewujudkan Rencana Terbesarmu 2

Menikah adalah ibadah yang disarankan oleh agama. Dengan menikah pulalah, itu akan melengkapi kekurangan kamu sebagai manusia. Menikah sendiri merupakan sikap yang mulia. Namun meskipun begitu, untuk mencapai suatu pernikahan tidak jarang kamu akan menemui berbagai rintangan yang tidak mudah, salah satunya biaya.

Biaya dan menikah merupakan unsur yang berada dalam satu paket. Banyak orang yang beranggapan bahwa menikah itu dilakukan satu kali seumur hidupnya. Dengan alasan itulah banyak orang yang melakukannya dengan perjuangan yang super ekstra agar mencapai hasil yang maksimal. Jika dilihat dari biaya, tentunya bisa menghabiskan biaya yang tinggi.

Ketika kamu berjanji untuk menikahi pasanganmu, biasanya akan terbentur dengan yang namanya biaya. Namun semua itu tidak hanya didasarkan kepada biaya semata. Nikah yang mahal ataupun murah, semua itu bergantung kepada pelaksananya. Terlepas dari itu semua, menikahi pasanganmu adalah sebuah rencana mulia.

• Mencoba menjadi backpacker ke berbagai dunia

Apa Jalan Terbaik untuk Mewujudkan Rencana Terbesarmu 3

Saat ini liputan dari berbagai media tentang backpacker sering tayang, baik itu di televisi maupun internet. Menjadi seorang backpacker memang menyenangkan, terlebih jika hal itu dilakukannya bersama teman. Backpacker bisa dilakukan tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Akan tetapi, rasanya semua sepakat bahwa meskipun hanya backpacker, tetap membutuhkan persiapan.

Persiapan yang dimaksud di antaranya waktu dan juga biaya. Untuk urusan waktu sendiri hal itu akan sulit direalisasikan ketika kamu mempunyai kesibukan yang teramat sangat. Pun begitu dengan biaya. Jika ingin mempunyai tujuan yang jauh maka biaya yang disiapkan tidak sedikit.
Namun jika kamu berhasil mewujudkan rencana menjadi backpacker ini, bisa dibayangkan kamu akan menjadi orang berbahagia. Karena untuk melakukan hal ini tentu tidak akan mudah.

• Memiliki barang impian dengan uang sendiri

Apa Jalan Terbaik untuk Mewujudkan Rencana Terbesarmu 4

Ketika banyak impian yang telah dirancang, tentu kamu akan berharap itu akan terwujud. Bahkan ketika impian tersebut sudah ada sejak lama, namun belum bisa terlaksana. Jika kamu yang dahulu masih dibiayai oleh orangtua, tentu tidak akan leluasa melakukan banyak hal. Namun kini kamu sudah mempunyai penghasilan sendiri, tentunya ingin membalas jasa-jasa mereka.

Sebagai balas jasa tersebut, contohnya adalah dengan membelikan rumah yang layak untuk orangtua. Sikap tersebut merupakan sesuatu yang mulia, terlebih jika itu dilakukan dengan hasil jerih payah kamu sendiri.

Biasanya hal ini akan menjadi rencana yang besar. Bahkan ketika rumah tersebut memang untuk kamu tinggali sendiri, bersama keluarga kecilmu. Selain rumah, contoh lainnya bisa terlihat dari barang-barang lainnya yang bersifat manfaat. Rasa bangga tersebut akan didapat, tatkala semua itu berhasil diwujudkan dengan jerih payahmu.

• Renovasi rumah

Apa Jalan Terbaik untuk Mewujudkan Rencana Terbesarmu 5

Rumah merupakan tempat yang digunakan untuk berbagai hal, salah satunya berlindung. Dengan rumah yang kokoh maka kamu pun akan aman selama berada di dalamnya. Cuaca yang ekstrem sekalipun tidak akan mengganggu kenyamanan kondisi di dalam rumah. Rumah memang memiliki arti yang sangat penting untuk sebuah kehidupan manusia.

Akan tetapi, apa jadinya jika rumah yang kamu tinggali tersebut tidak memadai, terlebih kondisinya sudah mulai memprihatinkan. Jika sudah begitu maka jalan satu-satunya adalah melakukan renovasi. Namun untuk melakukan renovasi itu tidaklah mudah, terlebih pastinya akan menelan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, yang perlu kamu lakukan adalah menyusun rencana besar untuk melakukan renovasi dengan cara mengumpulkan dana. Proses pengumpulan itu tentunya tidak akan mudah. Namun alangkah bahagianya ketika kamu berhasil merenovasi istana kecil itu untuk menjadi tempat berlindung yang layak.

Di saat mempunyai sebuah rencana yang besar maka akan besar pula perjuangan yang dilakukan. Ketika datang cobaan itulah maka niatan awal kamu akan semakin diuji. Tetap fokus dan konsisten bisa menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan, tatkala harus menunggu sekian lamanya. Nah, rencana apakah yang sedang kamu bangun saat ini?