Makan gorengan dan khasiat daun sirsak memang sepintas tak ada hubungannya sama sekali. Di satu sisi, gorengan adalah makanan khas Indonesia yang lezat, sedangkan di sisi lain, daun sirsak identik dengan tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Lalu, apa kaitan antara keduanya?

Gorengan adalah makanan enak yang belum tentu menyehatkan walaupun rasanya enak, sedangkan daun sirsak rasanya mungkin pahit, tetapi khasiat daun sirsak ini pasti menyehatkan.

Nah, karena gorengan yang rasanya enak ini bisa saja menyebabkan berbagai macam penyakit, maka salah satu cara menangkal penyakit berbahaya akibat gorengan ini adalah dengan khasiat daun sirsak.

Apakah daun sirsak ini langsung dikonsumsi atau diracik menjadi minuman obat?

Suka Gorengan? Tangkal Bahaya Gorengan dengan Khasiat Daun Sirsak!

Daun Sirsak

Khasiat daun sirsak sebagai obat tradisional sudah banyak dimanfaatkan di Indonesia, karena memang Indonesia kaya akan tanaman obat.

Selain kaya dengan kekayaan alam, Indonesia pun dikenal sebagai surga makanan sehingga menjadikan masyarakatnya, mulai anak-anak sampai orang tua, sangat suka makanan khas Indonesia, salah satunya adalah gorengan.

Dibalik Kelezatan Gorengan Tersimpan Bahaya!

Sejak dulu kala, makanan bernama gorengan sudah hadir untuk menggoyang lidah masyarakat Indonesia dan menjadi makanan favorit semua kalangan.

Kelezatan rasa manis, asin ataupun gurihnya memang mampu memuaskan lidah siapa pun dan inilah alasan kenapa masyarakat kita tak bisa lepas dari gorengan. Alasan lainnya adalah kepraktisan dalam pembuatan makanan ini yang membuat kita menyukai gorengan.

Ya, terbiasa dimanjakan dengan sesuatu yang instan dan rasa malas menunggu lama, semakin membuat masyarakat rasanya sulit untuk melupakan gorengan dan tak akan beralih mengonsumsi makanan sehat yang cenderung memerlukan proses sedikit lama untuk mengolahnya.

Tapi, tahukah Anda bahwa gorengan yang rasanya lezat ini berdampak bahaya bagi kesehatan?

Gorengan Itu Biangnya Kolesterol!

Gorengan Itu Biangnya Kolesterol

Sebelum membahas tentang khasiat daun sirsak untuk menetralisir bahaya gorengan, kita bahas dulu seputar bahaya gorengan itu sendiri.

Makanan favorit orang Indonesia ini sebenarnya sangat-sangat tak sehat dikonsumsi, terlebih jika mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jangka panjang.

Banyak orang yang kini sadar bahwa makanan yang digoreng, termasuk gorengan, adalah musuh bagi tubuh, sebab biasanya kandungan minyak untuk menggoreng tersebut dapat mengakibatkan naiknya kolesterol jahat (LDL).

Apa itu kolesterol? Kolesterol adalah sebuah zat di mana dalam jumlah tertentu adalah zat yang diperlukan oleh tubuh manusia, sebab bila tanpa kehadiran kolesterol, tubuh ini tak akan sehat.

Di sisi lain, bila kolesterol tak terkontrol sampai-sampai berlebihan kadarnya, dipastikan kolesterol ini bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, darah tinggi, gagal ginjal, batu empedu, sampai stroke.

Lalu, apakah kolesterol itu sama dengan lemak? Kolesterol itu tidak sama dengan lemak walaupun keduanya mempunyai kemiripan, tetapi tetap berbeda.

Dilihat berdasarkan struktur kimianya, kolesterol bisa dikategorikan dalam keluarga lemak. Tapi, lemak dalam hal ini tak hanya berbentuk kolesterol, namun banyak pula komponen lainnya seperti lemak yang ada pada tumbuhan atau lemak nabati bernama fitosterol, bukan kolesterol.

Turunkan Kelosterol Akibat Makan Gorengan dengan Daun Sirsak

Turunkan Kelosterol Akibat Makan Gorengan dengan Daun Sirsak

Dengan rasa yang enak ditunjang harganya yang murah, tak heran bila gorengan banyak dikonsumsi oleh semua kalangan. Setiap warung dan kantin pasti menjual makanan yang namanya gorengan ini, sehingga membuat gorengan menjadi makanan populer di Indonesia.

Yang jadi permasalahan adalah makan gorengan yang mengandung banyak minyak itu bisa menyebabkan kolesterol tinggi sehingga membahayakan kesehatan.

Apalagi bila ketika proses penggorengan makanan tersebut, minyak yang dipakai sudah berulang kali dipakai menggoreng, sehingga warnanya menghitam. Di sinilah kolesterol jahat yang masuk ke tubuh akan menyebarkan berbagai penyakit berbahaya. Jika sudah begini, bagaimana cara mengatasinya?

Kabar baik bagi Anda karena ternyata khasiat daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kolesterol tinggi akibat makan gorengan.

Dari banyak riset yang dilakukan, terbukti bahwa daun sirsak sangat ampuh untuk menurunkan jumlah koleterol jahat di dalam darah, karena di dalam daun sirsak ini terkandung zat tertentu yang mampu mengusir kolesterol jahat dari tubuh.

Berdasarkan banyak riset yang sudah dilakukan pun, kandungan antioksidan yang ada di dalam daun sirsak ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Adapun kandungan lainnya yang terkandung di dalam daun sirsak ini adalah annocatacin, tannin, acetogenins, alkaloid, muricapentocin, annocatalin, annonacin, annohexocin, ananol, anomurine, annomuricin, gigantetronin, linoleic acid, dan gentisic acid caclourine. Semua kandungan tersebut baik sekali bagi tubuh untuk obat ataupun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, di dalam sirsak mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pembekuan darah serta menyeimbangkan berbagai macam fungsi tubuh.

Tak hanya itu, khasiat lain dari kalsium yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan insomnia, transmisi impuls syaraf, pertumbuhan otot, mengatur ritme detak jantung, mencegah pembekuan darah juga kram oto secara normal, dan membantu meminimalisir risiko munculnya serangan kanker usus besar.

Ramuan Daun Sirsak untuk Menurunkan Kolesterol

Ramuan Daun Sirsak untuk Menurunkan Kolesterol

Ramuan daun sirsak terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol berlebih di dalam tubuh kita. Oleh sebab itulah, kini banyak obat herbal atau ramuan berbasis tanaman daun sirsak yang dijual dengan berbagai macam kemasan. Harganya pun sangat bervariatif dan kita pun bisa memilih produknya sesuai kebutuhan.

Tapi, tak ada ruginya bila kita memanfaatkan khasiat daun sirsak secara langsung dengan memetik dari pohonnya, sangat sederhana dan mudah tentunya.

Kita bisa meramu daun sirsak menjadi berbagai macam obat tradisional, termasuk untuk menurunkan kolesterol akibat terlalu banyak makan gorengan.

Nah, yang harus diperhatikan saat akan membuat ramuan daun sirsak adalah pilihlah daun sirsak yang tak terlalu muda (di bagian pucuk) ataupun terlalu tua.

Pilihlah daun pada nomor 2 sampai urutan 4, sebab pada daun sirsak yang terlalu muda, kandungan senyawa acetogenins di dalamnya masih sedikit, sedangkan pada daun sirsak yang sudah tua biasanya banyak yang rusak, sehingga kandungannya pun rendah.

Jadi, yang paling penting adalah daun yang dipilih itu tak terlalu muda dan tak terlalu tua, nomor urut bukanlah menjadi hal yang mutlak.

Dalam hal ini, biasanya daun pucuk warnanya hijau kekuningan yang berbeda dengan daun di sampingnya, yaitu memiliki warna lebih muda daripada daun lainnya.

Untuk selanjutnya, berikut ini adalah cara membuat ramuan daun sirsak sebagai obat penurun kolesterol.

Bahan:

  1. 3 – 5 lembar daun sirsak.
  2. Tiga gelas atau 600ml air.

 

Cara meramu:

  1. Semua daun sirsak direbus dengan 600ml air di atas api kecil. Tunggu sampai airnya hanya tersisa 200ml atau tinggal segelas air.
  2. Biarkan sampai airnya dingin, lalu air rebusan daun sirsak ini disaring. Inilah yang dipakai untuk air ramuan obat penurun kolesterol.
  3. Ramuan daun sirsak ini hanya untuk sekali minum.
  4. Untuk menurunkan kolesterol, minumlah ramuan air daun sirsak ini sekali sehari.

 

Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol akibat banyak makan gorengan bisa dilakukan dengan banyak cara, baik itu melalui pengobatan medis dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol ataupun pengobatan alami dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak. Dengan ramuan daun sirsak, Anda akan terhindar dari efek samping obat-obatan kimia. Jadi, pilihlah ramuan daun sirsak untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda.