dampak-negatif-begadang

Begadang! Tidur larut malam atau begadang ini sudah menjadi tradisi bagi orang-orang yang hidup di zaman modern. Berbagai alasan timbul mengapa seseorang begadang, biasanya mengerjakan tugas bagi pelajar atau mahasiswa, lembur di kantor, insomnia, bahkan yang paling sering dilakukan seseorang saat begadang adalah menonton bola di televisi berjam-jam.

Bagi kalangan muda, istilah begadang merupakan hal umum yang harus dilakukan. Biasanya anak-anak muda menghabiskan malam mereka dengan nongkrong atau bersenang-senang di pinggir jalan, café, diskotik, dan berbagai tempat-tempat hiburan lainnya.

Orang yang sering tidur larut malam lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik pada tubuhnya, contohnya wajahnya terlihat lesu, kantung mata yang menghitam dan berkantung lebih tebal, serta mata memerah. Orang yang begadang juga selalu bangun pada siang hari bukan pagi hari. Ini lah yang menyebabkan wajahnya terlihat lebih lesu dan tidak segar.

Waspada! Dampak Negatif Begadang Bagi Kesehatan Tubuh!

Kekurangan-jam-tidur

Sebagian besar orang merasa nyaman dengan gaya hidup semacam ini tanpa mengetahui dampak negatif begadang itu sendiri. Berbagai dampak negatif akan timbul akibat kebiasaan buruk kita yang satu ini. Disaat organ-organ tubuh ingin beristirahat, kita malah memaksakan mereka untuk bekerja.

Kurangnya porsi tidur manusia akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lho. Lantas apa saja dampak negatif begadang bagi kesehatan? Berikut ini adalah daftar dampak negatif begadang bagi kesehatan:

  1. Sakit Kepala

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala ketika bangun dari tidur malam? Ini adalah salah satu konsekuensi yang harus Anda alami karena kebanyakan begadang. Dampak negatif begadang ini sangat umum dan banyak dirasakan oleh orang-orang yang terbiasa begadang.

Sakit kepala tersebut diakibatkan oleh sel-sel pada otak mengalami masalah, karena otak tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Jika hal ini dibiarkan, maka rasa sakit dikepala akan semakin membahayakan Anda.

  1. Susah Konsentrasi

Kurangnya porsi tidur juga dapat meneybabkan hilangnya fokus dan konsentrasi. Sebuah penelitian menyebutkan proses kemampuan otak dalam mengingat suatu hal terjadi ketika saat seseorang tertidur atau beristirahat. Proses mengingat tersebut juga mampu membantu meningkatkan memori otak untuk mengingat suatu kejadian dalam jangka yang panjang.

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Dampak negatif begadang yang lainnya adalah daya tahan di dalam tubuh menurun. Daya tahan atau kekebalan tubuh dapat menurun karena kurangnya porsi tidur atau beristirahat. Beberapa contoh menurunnya daya tahan tubuh seseorang akibat terlalu sering begadang adalah mudah terserang flu, demam, batuk, tidak enak badan, dan sebagainya.

Jika menurunnya kekebalan tubuh dibiarkan maka penyakit yang menyerang tubuh pun bukan lagi penyakit ringan melainkan penyakit berat, diantaranya penyakit stroke, gagal ginjal, kerusahakan hati, obesitas, dan hipertensi. Semua penyakit berat tersebut dapat menyerang tubuh yang kekebalannya lama kelamaan terus menurun.

  1. Penyakit Jantung

Kebiasaan tidur hingga larut malam atau begadang akan membuat seseorang rentan terkena penyakit jantung. Kebanyakan orang terbangun di pagi hari dengan tidur malam yang porsinya sedikit. Hal tersebut membuat mereka hanya memiliki waktu istirahat yang sangat sedikit. Padahal kurangnya istirahat dapat memberikan pad jantung dan menyebabkan seseorang terkena stroke dan serangan jantung mendadak.

  1. Obesitas

Kebiasaan begadang akan mengganggu keseimbangan hormon yang ada pada tubuh kita. Ketidak seimbangan hormone ini dapat memicu intoleransi glukosa yang berkaitan langsung dengan insulin di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan seseorang yang sering begadang rentan terkena diabetes.

  1. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Salah satu faktor seseorang terkenan hipertensi adalah terlalu sering begadang. Biasanya orang yang mengidap insomnia pasti rentan terkena hipertensi. Seperti yang telah diketahui bahwa hipertensi sendiri dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung, penyakit stroke, bahkan terkena gagal jantung kronis.

Cara Mengurangi Resiko Dampak Negatif Begadang!

Resiko-begadang

Dampak negatif begadang di atas harus selalu kita waspadai apalagi bagi yang sering tidur larut malam. Pertanyaan yang sering muncul pada diri kita adalah bahaya yang timbul akibat sering begadang sangat banyak, lantas apakah ada solusi yang paling pas untuk menghilangkan dampak tersebut?   

Jawabannya adalah ada sebuah pencegahan yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek negatif begadang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi resiko dari dampak negatif begadang:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih tubuh kita tidak kekurangan cairan dan tidak akan mengalami dehidrasi. Saat begadang manusia cenderung mengalami dehidrasi, karena itulah air putih jauh lebih diperlukan tubuh daripada minuman lainnya.

  1. Hindari Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Apakah Anda ketika sedang begadang sering mengkonsumsi mie instan dan memsan burger dari gerai cepat saji yang buka selama 24 jam? Sebaiknya Anda hindari kedua makanan tersebut, karena saat Anda makan-makanan tersebut tengah malam jumlah kalori yang mengendap dalam tubuh akan lebih banyak dipandingkan saat makan siang.

Selain kalori yang mengendap lebih banyak, proses pencernaan dalam tubuh juga dapat terganggu lho. Efek yang timbul ketika Anda mengkonsumsi makanan pada malam hari adalah bobot tubuh Anda akan semakin bertambah dan dapat menyebabkan obesitas.

  1. Mengkonsumsi Vitamin

Jika cairan dalam tubuh telah terpenuhi dengan baik, kemudian konsumsilah vitamin yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Bukan hanya itu, mengkonsumsi vitamin pada pagi hari setelah begadang juga mampu menghindarkan tubuh Anda dari berbagai penyakit.

  1. Olahraga Sore

Selain menjaga apa yang kita konsumsi, olahraga di sore hari juga mampu mengurangi dampak negatif begadang lho. Ternyata olahraga pada sore hari mampu mengurangi insomnia dan mengembalikan jam tidur teratur Anda.

Energi yang kita keluarkan pada olahraga sore dapat membuat tubuh lebih cepat mengantuk pada malam hari. Oleh karena itu, Anda yang mengidap insomnia lakukan olahraga pada sore hari agar insomnia Anda berkurang.

  1. Mandi dengan Air Hangat di Pagi Hari

Ada satu mitos yang dipercayai oleh banyak orang, yaitu “jangan mandi pagi setelah begadang pada malamnya, bisa-bisa nanti terkena penyakit angina duduk”. Jika dilihat secara logis mitos ini tidak masuk akal, namun ada beberapa kejadian yang membenarkan mitos tersebut.

Dalam ilmu kedokteran angina duduk dikenal dengan Angina pectoris, yakni sebuah sindrom penyakit jantung yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan oksiden ke otot jantung. Jika penyakit ini tidak mendapatkan penanganan yang tepat dalam 20 menit maka akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Untuk menghindari penyakit angin duduk, sebaiknya jika Anda telah begadang pada malam hari usahakan saat pagi hari mandi dengan menggunakan air hangat. Hal tersebut dapat meminimalisir efek terkena angina duduk setelah begadang.

Itulah beberapa dampak negatif begadang bagi kesehatan dan cara mengurangi resiko negatif begadang. Usahakan jangan tidur hingga larut malam, kecuali jika ada kepentingan yang mendesak. Yuk mulai benahi jam tidur malam Anda!