Inspirasi INI DIA RAHASIA JADI PENULIS ARTIKEL FREELANCE YANG SUKSES

INI DIA RAHASIA JADI PENULIS ARTIKEL FREELANCE YANG SUKSES

-

- Advertisment -

INI DIA RAHASIA JADI PENULIS ARTIKEL FREELANCE YANG SUKSES

Kesempatan menjadi penulis artikel freelance terbuka lebar bagi siapapun, di mana pun, dan kapan pun. Sayangnya, kesempatan ini sering terlewat begitu saja karena kurangnya pemahaman penulis akan dunia ini. Berikut ini akan diuraikan beberapa rahasia yang harus dicoba penulis agar lebih mudah meraih kesuksesan.

  1. Kuasai Bahasa

Bahasa adalah modal utama seorang penulis. Aspek bahasa sangat menentukan kualitas sebuah tulisan. Sebuah gagasan yang rumit dalam suatu tulisan, akan mudah dipahami pembaca jika dituangkan dalam bahasa yang lugas dan sederhana. Begitu pula untuk tema tulisan yang ringan, akan tetap menarik untuk dibaca jika ditulis dengan bahasa yang baik.

Banyak orang Indonesia yang merasa tidak perlu mempelajari Bahasa Indonesia karena merasa sudah bisa berbahasa Indonesia. Pandangan ini tidak berlaku bagi Anda yang ingin jadi penulis. Bahasa yang biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari, seringkali menyalahi aturan atau kaidah. Kesalahan inilah yang harus dihindari oleh semua penulis artikel freelance.

Seorang penulis harus memahami betul kaidah bahasa yang berlaku. Kurangnya penguasaan EYD misalnya, seringkali menjadi hambatan penulis dalam menjual tulisannya. Ini sering terjadi pada penulis pemula, terutama dari kalangan remaja. Kebiasaan menggunakan bahasa gaul, seperti bahasa alay dan bahasa prokem, bisa menurunkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

  1. Ikut Komunitas

Manfaatkan jaringan internet Anda untuk gabung dalam komunitas penulis. Komunitas adalah tempatnya berbagai informasi mengenai dunia penulis. Banyak ilmu yang bisa diperoleh dari sini. Mulai dari bagaimana cara menulis berbagai macam tulisan, cara menawarkan tulisan, alamat penerbit atau agensi naskah, hingga informasi lowongan penulis.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan sesama anggota komunitas. Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan jika memang Anda sedang mencari jawaban. Pengalaman penulis lain bisa menjadi acuan atau inspirasi. Anda akan diperbolehkan mencontoh, namun tentu saja dilarang menjiplak. Hargailah hasil karya orang lain, sebagaimana Anda ingin karya Anda dihargai.

Ketika Anda telah mendapatkan bantuan maka akan tiba giliran Anda untuk memberi bantuan. Jangan hanya mencari apa Anda yang butuhkan, namun berbagilah juga ketika Anda memiliki informasi atau apapun yang layak dibagi dalam komunitas. Termasuk ketika Anda melihat ada seseorang mengajukan pertanyaan, cobalah untuk membantu menjawabnya jika memang Anda tahu jawabannya.

  1. Disiplin

Penulis harus pintar mengelola diri dan waktunya. Disiplin adalah kata kuncinya. Ketika Anda menerima tawaran membuat sebuah tulisan, berarti Anda telah menyanggupi segala ketentuannya. Maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh tanggung jawab itu.

Salah satu hal yang sering menjadi masalah di dunia kepenulisan adalah deadline. Banyak penulis artikel freelance yang sering mengingkari deadline. Keterlambatan penulis memenuhi tenggat waktunya bisa menjadi nilai buruk bagi si penulis itu sendiri. Apapun alasannya dan bagaimanapun caranya, deadline wajib ditaati.

Deadline yang tidak ditepati akan berdampak pada kinerja proses berikutnya. Mereka yang membayar tulisan Anda tentu saja akan kecewa, merugi, dan memutuskan kepercayaannya. Jika sudah begini, akan sulit bagi Anda untuk bisa mendapatkan tawaran penulisan selanjutnya.

Jadi, saat ada tawaran menulis datang, pahami lebih dulu ketentuannya dengan seksama. Jika dirasa sesuai dengan kemampuan dan kecepatan Anda menulis, barulah terima tawaran tersebut.

Itulah rahasia menjadi penulis artikel freelance yang sukses. Tidak sulit jika dilakukan dengan keseriusan dan kegembiraan hati. (Dynah Ole)

 

Latest news

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dengan penyakit maag yang menimpa orang dewasa.

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui oleh beberapa ilmuan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Namun entah kenapa...

Jasa Penulis Artikel di Kaimana (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Kaimana, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku bisnis...

Jasa Penulis Artikel di Teluk Wondama (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Wondama, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...
- Advertisement -

Jasa Penulis Artikel di Teluk Bintuni (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Bintuni, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Jasa Penulis Artikel di Raja Ampat (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Raja Ampat, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Must read

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu...

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you