Menariknya Profesi Jasa Penulis Artikel Freelance

Penulis artikel freelance mungkin awalnya masih merupakan sebuah profesi langka di Indonesia. Yang pada umumnya orang awam tahu hanyalah para penulis artikel di koran-koran dan majalah. Dan biasanya diidentikkan dengan profesi seperti jurnalis atau wartawan.

Namun, ternyata bukan hanya wartawan saja yang bisa menjadi penulis artikel. Bahkan orang yang tidak memiliki basis pendidikan jurnalistik pun bisa menjadi seorang penulis artikel.

Yang penting tentu saja adalah karya dari si penulis tersebut. Apakah artikel yang dia tulis tersebut bermutu ataukah hanya sekedar berpanjang kata saja.

Fee Jasa Penulis Artikel Freelance

Dan juga seorang jasa penulis artikel freelance juga mendapat fee sebagai penghargaan terhadap kontribusinya dalam menulis artikel. Tentu saja hal ini makin memupuk minat seseorang untuk menjadis seorang penulis artikel freelance.

Karena itu jika kamu berminat untuk menjadi seorang penulis artikel freelance, mungkin kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

 

Beberapa tips untuk menjadi penulis artikel freelance

  1. Memahami EYD dan bisa mengaplikasikannya dengan baik di dalam artikel
  2. Suka membaca
  3. Suka menulis
  4. 4. Siap dengan deadline
  5. 5. Dan memiliki wawasan yang luas sehingga mampu memahami topik ataupun tema yang sedang ditulis

Satu hal yang menyenangkan jika menjadi seorang penulis artikel freelance adalah kesempatan untuk mengelola dan mengatur jam kerja sendiri.

Kamu bisa menyesuaikan jam kerja dengan kesibukan kamu yang lainnya. Misalnya, kamu adalah seorang mahasiswa. Maka kamu bisa mengatur waktu untuk menulis artikel hanya saat jam kuliah sudah usai dan tugas-tugas kuliah sudah selesai.

Demikian juga dengan jumlah artikel yang harus kamu kerjakan, kamu bisa mengatur targetmu sendiri yang disesuaikan dengan kemampuanmu. Dan juga jika kamu terlalu sibuk. Kamu bisa berhenti dulu menulis artikel dan meneruskan kembali menulis artikel saat kesibukanmu sudah berkurang.

Memulai menulis artikel

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis artikel freelance, kamu bisa memulai dengan berlatih menulis artikel di blogmu sendiri.

Jika kamu rutin berlatih, minimal satu artikel per hari, maka lambat laun kamu akan terbiasa dan akhirnya akan bisa menulis dengan cepat.

Nah, dan setelah merasa yakin dengan artikel-artikelmu. Dan juga kamu ingin mendapatkan  pemasukan dari menulis artikel, maka kamu bisa mengambil job penulisan artikel. Misalnya dengan bekerjasama dengan agen naskah yang umumnya membutuhkan artikel-artikel dalam jumlah banyak.

Atau kamu juga bisa mengirimkan artikel-artikel karyamu ke media. Baik media-media online ataupun ke media-media cetak. Seperti surat kabar atau majalah.

Menulis dengan Penuh Tanggung Jawab

Apapun media pilihanmu, kamu pasti harus tetap bisa menulis dengan baik dan bertanggung jawab. Mengapa? Karena artikel-artikel yang kamu tulis akan memberi efek kepada setiap pembacanya. Efeknya bisa berbentuk negatif dan bisa juga positif.

Jangan sampai artikel-artikel yang kamu tulis malah menimbulkan keresahan bagi para pembacanya. Atau malah artikelmu mengandung unsur SARA yang kemudian malah mengundang pro dan kontra dari pembaca.

Menulislah dengan niat untuk berbagi ilmu dan juga kebaikan. Karena kebaikan bisa menjadi salah satu tabungan untuk bekal ke akhirat kelak.

Dan di sisi lain, jika artikel artikel yang kamu tulis tersebut  menarik dan juga bermanfaat, bukan tak mungkin kamu akan mendapatkan peluang bagus. Siapa tau kamu malah akan kebanjiran orderan untuk menuliskan artikel-artikel dalam jumlah banyak.

Penulis artikel freelance adalah orang-orang yang berjiwa bebas namun tetap bekerja secara professional tanpa terikat. Adalah suatu kebanggaan jika kamu bisa menjadi salah satu dari mereka. Ya, profesi ini sesungguhnya sangat menarik dan layak untuk dicoba.

Leave a Comment