Bahaya rokok memang gak ada matinya, karena memang merokok itu bukanlah hobi yang menyehatkan. Semua orang sudah tahu tentang hal itu, bahkan para perokok pun mengetahuinya.

Tapi, orang-orang yang sudah kecanduan rokok tetap saja sangat sulit untuk berpisah dengan kebiasaan buruk merokok, sama halnya kecanduan narkoba yang juga sulit dihilangkan.

Bedanya, menghisap narkoba itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi, sedangkan menghisap rokok itu biasanya dilakukan di mana-mana, di saat ingin merokok, di saat itulah para pecandu rokok langsung menghisap rokok, tak peduli di mana pun tempatnya.

Bahkan, di angkutan umum pun, mereka dengan cueknya merokok, karena itu tadi, jika sudah ingin merokok, mereka langsung melakukannya. Tak jauh beda dengan di tempat makan, warung makan, café, dan sejenisnya, kita tentu sering melihat orang merokok, terutama setelah makan.

Merokok setelah makan apa bahayanya? Jangankan setelah makan, hanya merokok saja sudah membahayakan kesehatan, apalagi dilakukan setelah makan. Ini nih bahayanya!

Merokok Setelah Makan Jangan Dilakukan!

Merokok Setelah Makan Jangan Dilakukan

Sudah banyak bukti bahwa bahaya rokok itu memang nyata adanya. Merokok setelah makan banyak dilakukan oleh pecandu rokok dengan alasan bila tak merokok setelah makan, mulut akan terasa tidak enak, asam, dan sebal.

Tapi, merokok setelah makan pun ada efek samping yang jauh lebih buruk daripada hanya sekadar mulut asam dan sebal.

Tahukah apa yang akan terjadi pada tubuh seseorang yang merokok setelah makan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Mengganggu Sistem Pencernaan Usus

Merokok Setelah Makan Mengganggu Sistem Pencernaan Usus

Merokok tentu saja tak pernah direkomendasikan, apalagi dilakukan setelah makan. Ya, para ahli kesehatan dan dokter sudah sering memperingatkan bahwa sangat berbahayanya bila seseorang merokok setelah makan.

Bahaya rokok ini bisa mengganggu sistem pencernaan pada usus, sebuah sistem pencernaan yang bisa mempengaruhi seluruh bagian tubuh manusia, akibat adanya nikotin yang terikat di dalam oksigen yang dibagikan dalam darah.

Nah, nikotin yang sifatnya lebih mudah untuk diserap ini bisa menyebabkan oksigen yang diperlukan oleh sistem perncernaan berkurang.

Apa akibatnya? Akibat yang dapat muncul yaitu berisiko terjadinya kanker usus dan juga kanker paru-paru. Inilah bahaya rokok.

Meskipun dokter menyatakan lebih baik memberi waktu sekitar 20 menit sesudah makan, tetapi tetap saja yang namanya rokok itu sudah jelas-jelas tak baik untuk tubuh.

Semua orang setuju 100 persen, terlebih pada setiap kemasan rokok tertulis peringatan bahaya dari rokok yang bisa menggugurkan kandungan, menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi, dan lainnya.

Menghisap Sebantang Rokok Setelah Makan Sama Bahayanya dengan Menghisap 10 Batang Rokok!

Menghisap Sebantang Rokok Setelah Makan Sama Bahayanya dengan Menghisap 10 Batang Rokok

Menghisap 1 batang rokok setelah makan sama bahayanya dengan merokok sebanyak 10 batang, inilah yang dikatakan oleh Lanre Alege, seorang apoteker berkenegaraan Nigeria dari Universitas Ilorin Teaching Hospital.

Hal tersebut karena peredaran darah di saluran pencernaan setelah makan akan meningkat yang dampaknya sebagian besar kandungan di dalam rokok yang tak bagus untuk kesehatan diserap.

Akibatnya, hati menjadi rusak, merusak otak besar, pembuluh darah jantung, serta dapat mempercepat munculnya berbagai penyakit yang berhubungan dengan aspek-aspek ini.

Tak hanya itu, kerusakan organ di dalam tubuh pun akan jadi lebih cepat lagi serta peluang terserang kanker pun jadi lebih besar.

Para pecandu rokok ini adalah korban yang paling bandel untuk dinasihati. Walaupun bahaya rokok sangat-sangat berisiko, tetap saja kegiatan menghisap rokok sulit sekali dibasmi, terlebih lagi dengan menghisap rokok sesudah makan.

Para pecandu rokok berpendapat bahwa merokok sesudah makan itu mempunyai kenikmatan luar biasa dan susah dihindari.

Kebiasaan merokok setelah makan sulit dihindari atau dihilangkan? Ini dia cara-cara menghilangkan kebiasaan merokok setelah makan yang bisa dicoba.

Lakukan Cara-cara Ini untuk Menghindari Kebiasaan Merokok Setelah Makan

Sebenarnnya, ada banyak trik yang dapat dicoba oleh para pecandu rokok untuk mencegah merokok setelah makan. Berikut ini adalah trik-trik yang dapat dilakukan sesudah makan supaya Anda tak langsung merokok.

1. Niat dan Kesungguhan untuk Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Inilah cara terampuh untuk menghilangkan kebiasaan merokok setelah makan, yaitu niat yang sungguh-sungguh untuk pensiun sebagai pecandu rokok. Sulit memang untuk mempraktikkannya walaupun niat sudah ada, tetapi banyak juga lho yang berhasil pensiun menjadi pecandu rokok setelah melakukan cara ini walaupun memang membutuhkan waktu lama.

2. Tidak Membawa Rokok Saat Makan

Buang Jauh-jauh Rokok dari Kehidupan Anda

Tidak membawa rokok saat makan adalah cara kedua yang bisa dicoba dan ini merupakan cara ampuh untuk menghilangkan kebiasaan merokok setelah makan.

Dengan tidak membawa rokok saat acara makan-makan, itu artinya tak ada kesempatan merokok setelah makan bagi para pecandu rokok.

Jadi, saat akan pergi makan, simpan rokok Anda di rumah, di kamar, ataupun disembunyikan di dalam lemari. Dengan begitu, keinginan untuk merokok sesudah makan bisa ditahan untuk waktu tertentu.

3. Makan di Tempat yang Ber-AC

Makan di Tempat yang Ber-AC

Masih bandel juga merokok setelah makan? Benarikah Anda merokok setelah makan di ruangan ber-AC? Bila masih berani merokok di ruangan ini, Anda tentu akan dimarahi oleh istri, pasangan, teman-teman, bahkan oleh pengelola tempat makan tersebut.

Karena memang aturan merokok di ruangan ber-AC itu dilarang, sehingga dengan makan di ruangan tersebut, para pecandu rokok dijamin tak akan berani merokok di sana. Dengan trik ini, para pecandu rokok mampu sejenak melupakan kebiasaan merokok sesudah makan.

Tapi, kini banyak tempat makan yang menyediakan ruangan khusus untuk merokok. Wah, kalau sudah seperti ini, cukup susah juga bagi para pecandu rokok untuk tidak merokok sehabis makan. Oleh sebab itu, pilih tempat makan yang tak menyediakan ruangan khusus untuk merokok.

4. Mencuci Tangan Sekalian dengan Piringnya

Mencuci Tangan Sekalian dengan Piringnya

Ketika mencuci tangan sesudah makan, cobalah untuk lebih memperlama di tempat tersebut dengan sekalian mencuci piring bekas makan Anda.

Kesibukan mencuci piring ini setidaknya bisa menyebabkan Anda agak lupa dengan merokok. Selain itu, kondisi tangan yang bersih setelah cuci tangan akan membuat seseorang malas merokok tentunya.

5. Gosok Gigi

Gosok Gigi

Cara lainnya adalah membiasakan membersihkan gigi atau gosok gigi sesudah makan. Selain bermanfaat membersihkan gigi dari kuman-kuman dan sisa-sisa makanan, menggosok gigi sesudah makan pun akan membuat para pecandu rokok sedikit malas menghisap rokok, sebab merasa mulutnya sudah bersih sesudah menggosok gigi setelah makan.

Jadi, yang sehat itu bukan merokok setelah makan, tetapi menggosok gigi setelah makan.

6. Ngobrol dengan Teman atau Keluarga Setelah Makan

Ngobrol-ngobrol

Bila melakukan kegiatan makan bersama dengan teman atau keluarga, tidak makan sendirian, cobalah untuk ngobrol-ngobrol sesudah makan selesai dengan keluarga atau teman-teman Anda. Lebih bagus lagi jika orang-orang di sekitar Anda bukan perokok, sehingga Anda akan sedikit malu jika merokok di hadapan mereka sambil ngobrol.

Kesimpulannya, kapan saja Anda menghisap rokok, benda bernama rokok ini tetap saja tak akan lepas dari dampak buruk bagi kesehatan.

Sesering apa pun orang-orang di sekitar Anda memberi tahu cara ampuh untuk berhenti merokok ataupun bahaya rokok, ini semua percuma saja jika Anda tak ada niat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.

Makin kuat keinginan untuk menghisap rokok, artinya Anda juga harus berjuang lebih kuat lagi untuk menolak keinginan tersebut. Walau bagaimanapun, pilihan pada akhirnya tetap berada di tangan Anda, pilih sehat atau merasakan kenikmatan sesaat yang berujung sakit-sakitan.

Bahaya rokok, termasuk merokok setelah makan, bisa dihindari dengan hidup sehat tanpa rokok. Jadi pilih mana, sehat tanpa rokok atau sakit karena rokok?